6.314 Peserta Ikuti UTBK Seleksi Mahasiswa Mandiri USU 2023

Rektor USU, Prof Muryanto Amin saat meninjau UTBK SMM 2023.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Sebanyak 6.314 peserta ikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) tahun 2023 Universitas Sumatera Utara (USU). Pelaksanaan ujian berlangsung, dari tanggal 15 hingga 21 Juli 2023.

Pilmapres 2024, Dua Mahasiswa UMSU Sabet Juara 1 Sekaligus

"UTBK diikuti oleh 6.314 peserta, yang akan mengisi 40 persen daya tampung jalur SMM yang disediakan oleh USU, atau sekitar 2.137 kursi," sebut Rektor USU, Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, dalam keterangan tertulis, Minggu 16 Juli 2023.

Pada hari pertama pelaksanaan UTBK SMM USU ini, Sabtu 15 Juli 2023. Muryanto bersama jajarannya meninjau langsung ujian di tiga lokasi, yakni di Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU.

Uang Kuliah Tunggal Naik, Ini Penjelasan Wakil Rektor I USU

Lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan UTBK SMM berada di 13 fakultas yang ada di lingkungan USU. Rektor berharap, UTBK dapat berlangsung dengan baik dan lancar hingga hari terakhir.

Lanjut, Muryanto mengatakan jumlah pendaftar untuk jalur SMM USU tahun 2023 menurun jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan pada tahun ini USU sudah tidak membuka lagi jalur D3 mandiri.

Selundupkan Sabu 6 Kilogram, Tiga Pria Asal Aceh Ditangkap di Bandara Kualanamu

“Kalau dulu jumlah pendaftar SMM sampai 8 ribuan lebih. Saat ini D3 kan sudah masuk ke dalam SNBP dan SNBT, jadi tentu berpengaruh terhadap jumlah pendaftar di jalur SMM,” ungkap Prof Muryanto Amin.

Menurutnya, jalur SMM ini merupakan kesempatan terakhir yang diberikan oleh USU untuk lulusan SMA/SMK yang belum berhasil lulus di jalur SNBP dan SNBT sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title