SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat Resmi Diluncurkan, Ini Kata Rektor USU

SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat resmi diluncurkan.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Program Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Konsorsium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat Indonesia tahun 2024, resmi di-launching Ketua BKS PTN Barat, Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, Senin kemarin, 6 Mei 2024 di Hotel Artotel Gelora Senayan, Jakarta.

Mahasiswa Mengakui Miskin, Rektor USU : Dimasukan Data UKT Tagihan Listrik Supirnya

Hadir dalam peluncuran tersebut Dirjen Dikti Kemdikbudristek Prof Abdul Haris, perwakilan KPK, Wakil Irjen Kemdikbudristek dan perwakilan bank mitra; BNI, BTN, Mandiri, dan BSI.

Dalam sambutannya, Prof Muryanto menyatakan, Seleksi Mandiri dilaksanakan dalam wujud kerja sama antar PTN di wilayah Barat Indonesia atau konsorsium untuk mempermudah pelaksanaan ujian.

Meski Ada Solusi Keringanan Pembayaran, BEM USU Tegas Menolak Kenaikan UKT

“Jadi pembentukan SMMPTN Barat sejak 2017 ini adalah demi memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa di manapun agar bisa ikut seleksi mandiri tanpa harus hadir di kampus tujuan, meskipun diwajibkan memilih salah satu prodi di tempat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK),” ucap Muryanto, dalam keterangannya, Selasa 7 Mei 2024.

Menurut Prof Muryanto yang juga Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), launching sengaja disosialisasikan lebih awal, yaitu pada 8 Maret 2024, agar semakin banyak peminat yang mengerti keberadaan SMMPTN Barat.

UKT Naik, Rektor USU Berikan Solusi Keringanan Pembayaran Uang Kuliah

“Kami berharap, siswa yang belum lulus dari SNBP dan SNBT, bisa memilih seleksi Mandiri," kata Muryanto.

Sementara itu, Dirjen Dikti Kemdikbudristek, Prof Dr rer nat Abdul Haris, M.Sc, dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya atas terlaksananya SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat. Hal ini, diharapkan dapat ikut membantu Kemdikbudristek untuk mewujudkan pelaksanaannya secara transparan dan akuntabel.

Halaman Selanjutnya
img_title