Coklit di Sumut Capai 99 Persen, Bawaslu Lakukan Uji Petik Pemutakhiran Data Pemilih

KPU Sumatera Utara.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam Pemutakhiran Data Pemilih di 33 Kabupaten/Kota pada Pilkada serentak 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut mencatat sudah capai 99 persen.

Hasil Pemeriksaan Kesehatan Dua Paslon Gubernur dan Wagub Sumut, KPU: Mampu

Hal itu, diungkapkan oleh Anggota KPU Sumatera Utara, Frendianus Joni Rahmat Zebua, saat dikonfirmasi VIVA Medan, Senin 22 Juli 2024. Ia mengatakan sisa masih sedang proses di Kabupaten Deliserdang saat ini.

"Saat ini msh di 99 persen. Masih tersisa Deliserdang. Tapi, sudah hampir kelar kok," kata Frendianus.

Zahir Ditangkap Polisi, KPU Sumut: Tidak Menggugurkan Sebagai Bacalon Bupati Batubara

Frendianus mengungkapkan berdasarkan laporan dari KPU Kabupaten Deliserdang secara manual sudah 100 persen. Tapi, data tersebut belum masuk keseluruhan ke e-Coklit. "Jadi, di Deliserdang tinggal sinkronisasi antara manual ke e-Coklit aja lah," tutur Frendianus.

Bawaslu Tapsel saat melakukan monitoring pengawasan coklit.

Photo :
  • Dok Bawaslu Tapsel
Respon Tim Pemenangan Kiyedi-Darwin Soal Berkas Pendaftaran Masinton Ditolak KPU Tapteng

Sedangkan, 32 Kabupaten/Kota se-Sumut, Frendianus mengklaim sudah 100 persen secara e-Coklit. Untuk diketahui, KPU Sumut melakukan Coklit di 33 Kabupaten/Kota melibatkan 41.406 Pantarlih, dengan masa tugas selama satu bulan, dimulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Nantinya DPT terbaru, memiliki hak suara pada Pilkada serentak 2024.

Terpisah, Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, menjelaskan tidak wewenang masuk ke dalam laporan hasil Coklit hampir 100 persen itu.

Halaman Selanjutnya
img_title