Bawaslu Tapsel Optimalkan Pengawasan Coklit, akan Lakukan Uji Petik Pemutakhiran Data Pemilih

Bawaslu Tapsel saat melakukan monitoring pengawasan coklit.
Sumber :
  • Dok Bawaslu Tapsel

VIVA Medan - Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) terus optimalkan pengawasan terhadap tahapan Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada serentak 2024, di Kabupaten Tapsel.

Bacalon Wabup Tapsel Ahmad Buchori Tak Jalani Pemeriksaan, Ini Kata KPU dan Bawaslu

Kordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Kehumasan (HP2H) Bawaslu Tapsel, Vernando Maruli Aruan mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat kordinasi (Rakor) bersama jajarannya Panwascam se-Kabupaten Tapsel secara virtual, Sabtu 20 Juli 2024. Dalam Rakor ini, Vernando menjelaskan bahwa setiap Panwascam untuk membuat laporan pengawasan terhadap pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) yang bertugas melalukukan Coklit kepada masyarakat.

"Kepada sahabat semua perlu saya ingatkan agar senantiasa melakukan pengawasan melekat pada semua tahapan pemilihan 2024 ini secara profesional serta jangan lupa membuat Laporan Hasil Pengawasan (LHP) setiap tahapan sebab itu sudah menjadi tanggungjawab kita sebagai pengawas," kata Vernando dalam keterangannya, Minggu 21 Juli 2024.

Teriakan 'Lanjutkan' Sambut Kedatangan Bacalon Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Mendaftar ke KPU

Vernando mengungkapkan bahwa rakor dengan Panwascam tersebut, dilaksanakan untuk memaksimalkan laporan pemutakhiran data pemilih, sekaligus mengingatkan agar semua jajarannya bekerja secara profesional, dan selalu mengikuti aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Jaga nama baik lembaga, jaga kesehatan, bekerjalah sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku dan tetap ikuti arahan dari setiap Koordiv yang ada di Bawaslu Tapsel. Petugas Pengawas di tingkat desa atau PKD kita yang bertugas mengawasi coklit di masing-masing desa hanya satu orang. Dari itu, diharapkan kepada Panwascam agar ikut membantu tugas PKD kita khususnya pada masa tahapan coklit ini," kata Vernando.

Orang Utan Fest 2024: Meningkatkan Kepedulian Gen Z soal Konservasi

Vernando menjelaskan agar laporan hasil pengawasan dibagi dalam 3 priode yaitu priode pertama dari 24 Juni hingga 5 Juli 2024, priode kedua dari 6 Juli hingga 17 Juli 2024 dan priode ketiga dari 18 Juli hingga 25 Juli 2024.

“Sampai saat ini, masih ada 3 Kecamatan yang belum selesai melakukan coklit yaitu Kecamatan Angkola Sangkunur, Sayurmatinggi dan Tantom Angkola,” jelas Vernando.

Halaman Selanjutnya
img_title