Cegah Abrasi Pantai, Ganjar Milenial Tanam Bibit Pohon Cemara di Sergai

Ganjar Milenial tanam bibit pohon di pantai di Sergai.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Abrasi yang menjadi ancaman bagi masyarakat pesisir, membuat sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) melakukan gerakan bakti sosial penanaman bibit pohon cemara di pantai yang berada di Desa Bagan Kuala, Dusun 3, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut).

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Kordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Sumut, Yusuf Elpa Sagala mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya GMC untuk terus menjaga kelestarian pantai di mana saja, termasuk di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Dengan menanam pohon di pinggir pantai ini dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya erosi pada pantai," kata Yusuf, Selasa 24 Oktober 2023.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Dia menambahkan dalam kegiatan tersebut GMC mengajak masyarakat sekitar dan HMJ Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) bergotong-royong menanam pohon itu dipantai.

Tampak para peserta sangat antusias menghadiri kegiatan bakti sosial tersebut. Hal itu dilihat dari para milenial yang semangat menanam pohon cemara di pinggir pantai itu. Menurut dia, penanaman pohon cemara laut ini juga memiliki manfat.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Salah satunya untuk menahan angin dan uap air laut yang mengandung garam. Selain itu, pohon itu juga mendorong perbaikan lingkungan.

"Sehingga cocok jika ditanami di pinggiran antara pantai dan laut," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title