Effendi Simbolon: Anggota PSBI 300 Ribu Jiwa Tersebar di Berbagai Belahan Dunia

Ketua Umum PSBI, Dr Effendi MS Simbolon.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) Dr Effendi MS Simbolon mengatakan, anggota PSBI saat ini sebanyak 300 ribu jiwa yang tersebar di berbagai belahan dunia. Dari jumlah tersebut, para anggota terdaftar di 156 wilayah.

Kadisdik Sumut Resmikan Sekretariat IKA SMAN 8 Medan Gedung Riadil Akhir Lubis

Hal tersebut, diungkapkan Effendi Simbolon saat meresmikan Gedung Sekretariat PSBI di Desa Parbaba, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Senin kemarin, 23 Oktober 2023. Effendi menyebutkan, jumlah anggota PSBI itu juga tersebar ada di Amerika, Australia, Austria, Eropa, bahkan para anggota PSBI itu, mereka sudah menjadi warga negara tersebut.

“Misinya kita, Simbolon, keluarga besar. Si Bolon, Bolon besar. Kebetulan, kuantitasnya juga besar, jadi kita hanya memupuk silaturahmi kekerabatan, kita apolitik, aniaga. Jadi, tidak ada berpolitik praktis, mau orang-orangnya itu hak konstitusi masing-masing,” ucap Effendi Simbolon.

Reuni Akbar ke-33, STOK Bina Guna Perkenalkan Prodi Baru Satu-satunya di Sumut

Pada kesempatan itu, Effendi Simbolon selaku Ketua Umum PSBI juga melantik Bupati Samosir, Vandiko Gultom, sebagai Dewan Pembina PSBI Wilayah Samosir.

“PSBI bersyukur Bupati Samosir, Vandiko Gultom, berkenan didaulat sebagai Pembina Pengurus PSBI Wilayah Samosir,” ujarnya.

Transformasi Pendidikan Melalui Literasi dan Infrastruktur Digital

Terkait peran PSBI di Samosir, Effendi mengungkapkan, Simbolon berasal dari Samosir, dan kebanyakan marga-marga Batak juga berasal dari Samosir. Apalagi, Pusuk Buhit diyakini sebagai legenda awal asal muasal orang Batak.

“Kami sangat berkepentingan menjaga warisan leluhur yang terus bersama pemerintah kabupaten yang dipimpin oleh Vandiko (Bupati Samosir). Kita melakukan tahapan yang selalu lebih baih hubungan sinergitas,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title