18 UMKM Binaan BSI Ikut Meriahkan Jelajah Kuliner Nusantara di Medan

BSI ikut memeriahkan Jelajah Kuliner Nusantara di Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengajak sebanyak 18 UMKM binaan, untuk ikut serta dalam ajang Jelajah Kuliner Nusantara gagasan Kementerian BUMN di Kota Medan, Sumatera Utara. Hal ini, sebagai salah satu wujud komitmen perseroan untuk mendorong UMKM nasional naik kelas.

Pengamat Sebut Bandara Kualanamu Berikan Dampak Ekonomi Positif Bagi Sumut

Regional CEO BSI Region 2 Medan, Affan Mawardi mengatakan, segmen ritel merupakan salah satu penyokong pertumbuhan bisnis di BSI, terutama dari segmen konsumer dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Melalui gelaran Jelajah Kuliner Nusantara kali ini, BSI berupaya secara maksimal untuk dapat memajukan UMKM sehingga semakin berkembang dan berdaya saing, serta dapat meningkatkan level usahanya. Adapun, Jelajah Kuliner Nusantara kali ini digelar pada 31 Mei hingga 2 Juni 2024 serta diikuti oleh para pelaku UMKM dari bidang kuliner.

Pertamina Sumbagut Terus Berkomitmen Tumbuhkan Anti Korupsi di Lingkungan Kerja

"UMKM sudah lama diketahui sebagai salah satu penopang perekonomian nasional. Kami serius untuk mengangkat UMKM naik kelas dengan strategi yang tepat," ungkap Affan, Sabtu 1 Juni 2024.

Affan menjelaskan upaya strategis tersebut dilakukan baik melalui pendampingan pengembangan usaha, kemudahan akses pembiayaan, penguatan ekosistem melalui UMKM Center, hingga pemberian sertifikasi halal. Hal ini sebagai wujud dari komitmen kuat serta berkelanjutan BSI dalam mendorong pelaku UMKM meningkatkan kapabilitas dan kapasitas usahanya.

Siap Maju Pilkada Toba, Sereida Tambunan Usung Toba Na Ture, Jaa Na Sere

Selain itu, Affan menyebut BSI pun menyediakan pendampingan sertifikasi halal, kerja sama branding dan transaksi pembayaran, serta penjualan produk melalui Portal UMKM dan Salam Digital, platform yang digunakan untuk mendukung pelaku UMKM Indonesia meningkatkan kualitas produk lokal agar dapat berkompetisi di pasar global.

“Langkah pengembangan UMKM terus dilakukan di antaranya membangun BSI UMKM Center untuk hub UMKM, bisnis matching dan upgrade skills. BSI juga memfasilitasi 1.000 sertifikasi halal gratis untuk UMKM bidang kuliner,” ujar Affan.

Halaman Selanjutnya
img_title