Riset Bersama BRIN, APVI Tegaskan Rokok Elektrik Lebih Baik dari Konvensional

Ketua Umum APVI, Budiyanto 'Budi JVS' saat mengunjungi Medan.
Sumber :
  • Aris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) mendorong pemerintah untuk membedakan antara rokok elektrik berbeda dengan rokok konvensional. APVI sendiri sudah melakukan kajian dan segera mendorong regulator untuk membedakan antara vape dengan rokok konvensional.

Percepatan Persiapan PON 2024, Pj Gubernur Sumut: Kita Harus Berlari Kencang

"Kita lagi berjuang buat kajian. Kami bernegosiasi dengan regulator agar antara rokok konvesional dengan rokok elektrik dipisah. Karena faktor resikonya berbeda," ungkap Ketua Umum DPP APVI, Budiyanto di Medan, Jumat 31 Mei 2024.

Budiyanto yang akrab disapa Budi JVS menyebutkan, kajian tersebut tak hanya soal perbedaan yang sangat signifikan antara rokok elekrik dengan rokok konvensional, hingga efek bahaya yang ditimbulkan. Kajian tersebut akan dirilis pihaknya Juni atau Juli mendatang.

Jaga Nama Baik Sumut, Pj Gubernur : Komitmen Untuk Menyukseskan PON 2024

"Kajiannya sudah jadi, ini kita lagi berjuang. Sekarang (batasan perokok diperbolehkan jual) 21+. Makanya kita perjuangkan vape itu dipisah. Karena di UK (Inggris), vape itu 95 persen itu lebih baik dari pada rokok. Ini yang kami perjuangankan," jelas Budi JVS didampingi Kabid Hubungan Antar Komunitas, Joy Korneius dan Kompartemen Media, Airo Mandoani Pakpahan.

Budi menyebutkan, kajian rokok elektrik tersebut dilakukan bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Inilah yang menjadi dasar pihaknya tegaskan rokok elektrik dengan konvensional itu berbeda atas kajian yang dapat dipertanggungjawabkan tersebut.

Periksa Kepsek SMAN 8 Medan, Ombudsman Ungkap Fakta Baru Kasus Siswi Tinggal Kelas

"Kajiannya sangat baik. Kita meriset ini bersama instansi pemerintah, BRIN. Makanya kita ingin ini segera rilis, supaya ada poin-poin dimana bisa menjadi pertimbangan khusus untuk industri rokok elektronik ini," jelasnya.

 

Halaman Selanjutnya
img_title