Rp1 Triliun Digelontorkan untuk KPU dan Bawaslu Gelar Pilkada Serentak 2024 di Sumut

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin bersama Forkopimda Sumut pada kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada Serentak 2024.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin mengatakan anggaran yang dikucurkan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) itu sebesar Rp 1 triliun.

Diduga Cabuli Anak Tetangganya, Seorang Petani di Simalungun Ditangkap Polisi

Untuk biayai Pilkada Serentak tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Pemerintah Kabupaten/Kota sepakat mendanai secara bersama. Hal tersebut, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan pendanaan bersama Pilkada serentak 2024 oleh Pj Gubernur Sumut dengan para Bupati dan Walikota se-Sumut.

“Dana yang dikucurkan dari anggaran pemerintah daerah dan provinsi itu Rp1 triliun, sesuai dengan tahapan Pemilu. Rp1 triliun itu untuk KPU dan Bawaslu,” ungkap Hassanudin, usai penandatanganan di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo, Kota Medan, Rabu, 27 September 2023.

Longsor Terjang Tapanuli Utara, Balita 4 Tahun Tewas Tertimbun

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, mengharapkan penandatanganan tersebut menjadi tanda sinergitas antara Pemprov Sumut dengan Pemkab/Pemko se-Sumut.

“Pelaksanaan kegiatan ini, kita harapkan kiranya dapat meningkatkan sinergitas penyelenggaraan Pemilu 2024. Terutama, dalam aspek penganggaran pelakasanaan Pilkada serentak tahun 2024,” jelas Hassanudin.

Hutama Karya Segera Operasikan Tol Indrapura - Kisaran, Jarak Tempuh Semakin Dekat

Deklarasi Pemilu Damai Sumut 2024..

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan

Hassanudin juga mengatakan, sinergi sangat diperlukan untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak. Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak termasuk masyarakat, untuk bersinergi menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak.

Halaman Selanjutnya
img_title