Syarat Ideal Pemimpin Dimata Edy Rahmayadi : Pintar, Pemberani dan Jujur

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang harus dimiliki seorang pemimpin yang bermartabat. Dalam sebuah kesempatan, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi membagikan bocoran untuk menjadi seorang pemimpin. 

Pamannya Sempat Jadi Sorotan, Ternyata Bobby Nasution Lantik Topan Ginting Sebagai Pj Sekda Medan

Seorang pemimpin kata Edy, harus memiliki kapasitas dan sumber daya yang mumpuni. Baik secara keilmuan, praktik hingga mental kepemimpinan yang mampu menjadi teladan. Yang terpenting, bertanggung jawab terhadap bawahannya.

"Jadi ada konsekuensinya. Meskipun saya bukan seorang akademisi tetapi setahu saya, apa yang diterima atau diajarkan, kemudian dipraktikkan, dan itu yang dilaksanakan," ujar Edy Rahmayadi dalam keterangan tertulis, Rabu 9 Agustus 2023.

Perbarindo Sumut Gelar Kompetensi Kualifikasi Direktur BPR dan BRPS

Dalam hal tanggung jawab terhadap bawahan, pria yang akrab disapa Ayah ini mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan lebih dibanding anggotanya. Sehingga dari sisi kualitas diri, terutama kepemimpinan, idealnya harus di atas yang lain.

"Mungkin ada yang lebih pintar, tetapi kepemimpinan bukan sekadar itu. Belum tentu juara satu di sekolah, juga bisa juara memimpin. Ingat, seorang kepala dinas adalah atasan bagi bawahannya, menyayangi anak buahnya, itulah pemimpin," tegas Edy.

Baru Edy Rahmayadi dan Barry Simorangkir yang Mendaftar ke PKS untuk Maju Pilgub Sumut 2024

Edy melanjutkan, agar hasilnya baik dan sesuai apa yang diharapkan atau diprogramkan, maka sebagai pemimpin harus mampu membangun pola kerja yang selaras dan seirama. 

"Pemimpin itu tidur paling akhir, bangun paling cepat. Jadi Kadis itu harus pintar, pemberani dan jujur. Maka harus ada peningkatan kualitas pelatihan (berkala) agar hasilnya semakin kuat (lebih baik)," jelas Gubernur Edy.