Aquabike Jetski World Championship Danau Toba, akan Diikuti 128 Pebalap dari 22 Negara

Menpora, Dito Ariotedjo bersama Menparekraf, Sandiaga Uno dan Pj Gubernur Sumut, Hassanudin berikan keterangan persiapan Aquabike Jetski World Championships Lake Toba 2023.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023, akan diikuti 128 pembalap dari 22 negara. Termasuk, 10 pebalap lokal yang akan meramaikan perhelatan jetski dunia itu, yang akan berlangsung 23 hingga 26 November 2023, mendatang.

Ditaklukkan Uzbekistan, Pj Gubernur Sumut Mengaku Bangga Prestasi Garuda Muda

Hal itu, diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo pada konferensi pers tentang Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 di Kantor Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa 31 Oktober 2023.

Dito berharap berbagai kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Danau Toba, dapat mendorong pembangunan sport tourism di Indonesia. Apalagi Danau Toba, telah sukses menyelenggarakan kejuaraan dunia Powerboat pada tahun 2023.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

“Mengingat kesuksesan F1 Powerboat 2023 di Danau Toba yang menjadi stimulus industri olahraga air di Indonesia, ini merupakan amanat dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan upaya pembangunan sport tourism yang menjadi instrumen penting bagi pemberdayaan ekonomi masyarkat,” jelas Dito.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wiroatmodjo menyampaikan F1 Powerboat 2023 berhasil menarik 25 ribu pengunjung dengan dampak perekonomian senilai Rp1,7 triliun. Ia pun mengharapkan kesuksesan yang sama dapat terulang pada Aquabike World Championship.

Perkuat Daya Saing Perkebunan, Ini 4 Strategi Jitu Disiapkan Pemprov Sumut

“Harapan kita bisa mengulang kesuksesan tersebut, kali ini ada empat kabupaten, bupati lain bisa sama-sama menikmati event ini,” kata Kartika.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif Sandiaga Uno, Direktur Holding Aviasi dan Pariwisata Maya Wartono dan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin.