Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024, akan berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut jadi tuan rumah perhelatan akbar ini, mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Takjub Keindahan Air Terjun Aek Sijorni, Pj Gubernur Sumit: Ini Anugerah Illahi

Pada momentum kehadiran perwakilan BPD se-Indonesia itu, Bank Sumut mempromosikan keindahan pesona Danau Toba, yang merupakan ikonik pariwisata Sumatera Utara. Danau terbesar di Indonesia tersebut semakin mendunia sejak masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark (UGG) karena keunikan geografi, biologis dan budayanya.

Dalam sambutan selamat datangnya, Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi berkesempatan memperkenalkan eksotisme objek wisata Danau Toba. Dia mengatakan, selain memiliki banyak spot wisata alam dan budaya.

Diikuti 85 Pemotor, CRF Rally Indonesia dan Pertamina Lubricants Jajal Medan - Toba

Danau Toba juga memiliki wisata bersejarah di Parapat, yakni tempat pengasingan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia Bung Karno (Soekarno) dan dua tokoh bangsa lainnya Sutan Sjahrir dan KH Agus Salim di masa penjajahan. Dengan jejak sejarah berupa bangunan heritage di tepian Danau Toba, yang kini dikenal sebagai Pesanggrahan Soekarno.

"Nilai eksotis pariwisata andalan Sumatera Utara itu menjadi alasan dipilihnya kota wisata Parapat di kawasan Danau Toba sebagai lokasi acara undian nasional tabungan Simpeda. Bagi teman-teman perwakilan BPD yang ikut berkeliling melihat wisata Danau Toba, kita akan dampingi," ucap Babay di lokasi acara, Hotel Niagara.

Dukung Peningkatan Pendidikan Berkualitas, Bank Sumut Salurkan CSR ke Pemkab Nias

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga yang hadir pada Welcoming Dinner itu menyampaikan terimakasih kepada Bank Sumut dan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) yang telah memilih kota wisata Parapat Kabupaten Simalungun sebagai tempat pelaksanaan acara karena secara tidak langsung ikut membantu menggairahkan kegiatan ekonomi dan industri pariwisata Danau Toba.

Dijelaskannya, beberapa tahun terakhir ini telah dikembangkan spot-spot wisata terbaru dan hits di kawasan Danau Toba, termasuk di wilayah Simalungun, seperti Desa Wisata Warna-warni Tigahirit, Bukit Indah Simarjarunjung, Pusat Konservasi Gajah Aek Nauli.

Halaman Selanjutnya
img_title