Perkuat Daya Saing Perkebunan, Ini 4 Strategi Jitu Disiapkan Pemprov Sumut

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin memaparkan empat strategi yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk memperkuat dan meningkatkan daya saing perkebunan.

Pj Gubsu Bertemu Menpan RB, Bahas Peningkatan Birokrasi di Pemprov Sumut

Hal itu, disampaikan Hassanudin dalam Sosialisasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) pada PTPN Group, diselenggarakan oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, di Hotel Santika Premiere Medan, Kota Medan, Jumat 26 April 2024.

Hassanudin menjelaskan 4 strategi tersebut yaitu, pertama peremajaan sawit yang sudah tua dengan menggunakan bibit unggul, peningkatan sarana, prasarana dan infrastruktur perkebunan, untuk peningkatan produksi perkebunan. Kedua, melakukan pendekatan penciptaan nilai tambah dan pengembangan pasar. Ketiga, melakukan pendekatan kemitraan petani, para pelaku usaha dan BUMN yang saling menguntungkan.

Ijeck Ajak Kembangkan Potensi Daerah dengan Berwirausaha dan Manfaatkan Teknologi

“Selanjutnya, ke empat melakukan pengembangan kawasan industri yang ada, seperti KEK Sei Mangkei dengan luas kurang lebih 1.933 hektare,” ucap Hassanudin.

Hadir di antaranya Plh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri, Horas Maurits Panjaitan, Gubernur Riau, Jambi, Sumatera Barat, dan Aceh, serta seluruh jajaran direksi PTPN serta unsur Forkopimda Sumut. Pj Gubernur juga mengapresiasi sosialisasi diselenggarakan oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI tersebut.

Akademisi Desi Pohan Daftar Balon Wabup Batubara, Dorong Pemanfaatan Sumber Daya Daerah

Menurutnya, pertemuan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah pusat bersama pemerintah daerah dan BUMN di sektor perkebunan untuk terus meningkatkan daya saing sektor perkebunan, agar terus tumbuh dan berkelanjutan.

“Kami menyambut baik sosialisasi ini dilaksanakan, agar dapat memberikan pengetahuan, informasi dan berbagai perkembangan, baik terkait perubahan struktur PTPN maupun rencana strategi korporasi yang akan dijalankan, sekaligus untuk memberikan kepada kami penguatan dukungan, dalam upaya pengembangkan sektor perkebunan di Sumut,” kata Pj Gubernur Sumut.

Halaman Selanjutnya
img_title