Hadiri Acara Adat Patambor Indonesia, Hasan Sagala Ajak Generasi Muda Cintai Budayanya

Bacalon Wakil Gubernur Sumut, Hasan Basri Sagala.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Sumatera Utara kaya akan budaya warisan bangsa. Berbagai adat, suku dan budaya, yang telah turun temurun diwariskan adalah sebuah kebanggaan, yang mesti dilestarikan oleh seluruh masyarakat, khusus anak anak muda sebagai generasi penerus.

Lari Trail Eksebisi di PON 2024, Sumut Bersaing dengan DKI dan Sulsel

Hal itu, diungkapkan Bacalon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hasan Basri Sagala saat hadir dalam acara Parsadaan Raja Toga Manurung Dohot Borunya (Patambor) Indonesia, yang berlangsung di Kecamatan Sibisa, Kabupaten Toba, Minggu 8 September 2024. Hasan menjelaskan bahwa salah satu suku di Sumut yang masih memegang prinsip-prinsip kebudayaan adalah Batak.

"Di budaya Batak ada falsafah yang sangat kuat, ada falsafah dilihan na tolu, dan dalam pesta adat ini hal itu bisa kita rasakan," kata Hasan.

Djumongkas Hutagaol Jadikan Kantor Medan Bus Rumah Pemenangan Edy Rahmayadi

Hasan turut bangga dengan acara acara budaya seperti ikatan marga Batak yang masih terus dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan. Selama ini sebut Hasan, keberagamaan Indonesia dibalut dengan tradisi tradisi yang menjadi kekuatan persatuan bangsa.

"Dan menurut saya falsafah itu harus kita perkuat, kita ajarkan kepada seluruh generasi yang semakin memperkuat keberagaman dan kebersamaan masyarakat Sumut," kata Bacalon Wagub Sumut itu.

Rico Waas : Kita Bangun Kota Medan dengan Nilai-nilai Humanis

Dalam acara Patambor turut dihadiri ribuan masyarakat. Hasan yang datang bersama calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga langsung melihat tugu marga Manurung. Hasan menyebutkan, Indonesia memang memiliki banyak warisan budaya yang diakui di dunia.

Kendati begitu, majunya teknologi saat ini menjadi tantangan bagaimana mengajarkan budaya bangsa khususnya kepada generasi muda. Oleh karena itu, lanjut mantan tenaga ahli Menteri Agama tersebut, perlu adanya peran pemerintah untuk mendorong dan mendukung pelestarian budaya Indonesia. Hasan berjanji akan terus mendukung pelestarian budaya di Sumut dengan melibatkan anak anak muda agar lebih kenal dan cinta akan kebudayaannya.

Halaman Selanjutnya
img_title