Mendaki Gunung Sibayak di Karo, Mahasiswa USU Tewas Jatuh ke Jurang

Jasad Ronny Syahputra tewas usai jatuh ke jurang Gunung Sibayak dievakuasi tim SAR Gabungan.
Sumber :
  • Dok Basarnas Medan

VIVA Medan - Seorang mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara (USU), Ronny Syahputra (20), terjatuh ke jurang Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu malam, 7 September 2024.

Remaja di Medan Lompat ke Sungai Saat Dikejar Polisi, Akhirnya Ditemukan Tewas

Berdasarkan data diperoleh dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan, kronologi kejadiannya, berawal korban bersama 8 rekannya, melakukan pendakian ke Gunung Sibayak, sekitar pukul 19.25 WIB.

Kemudian, sekitar Pukul 21.45 WIB, korban tiba-tiba terjatuh ke jurang. Selanjutnya, rekan korban yang mengetahui kejadian tersebut, langsung melaporkan ke petugas setempat dan diteruskan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan.

Audisi Pemanasan Indonesian Idol 2024 Sukses Digelar di Medan, Diikuti Sekitar 3 Ribu Peserta

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan, Mustari mengungkapkan menerima laporan sekitar pukul 23.20 WIB, dan tim Basarnas  Medan langsung bergerak menuju lokasi, dengan membawa peralatan lengkap untuk evakuasi di medan terjal.

"Berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia setelah upaya evakuasi yang berlangsung dramatis," kata Mustari, Minggu 8 September 2024.

Rektor USU Prof Muryanto Sabet Penghargaan Paritrana Awards 2024 dari Wapres Ma’ruf Amin

Mustari menjelaskan korban jatuh dari ketinggian sekitar 15 hingga 20 meter saat mencoba menuruni salah satu jalur curam di kawasan puncak gunung.

"Proses evakuasi berlangsung selama lebih dari tiga jam, karena medan yang sulit dijangkau dan kondisi lokasi yang gelap. Hingga akhirnya Korban berhasil dievakuasi pada pukul 04.15 WIB dan segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Kabanjahe untuk proses lebih lanjut," jelas Mustari.