HUT ke-434, Edy Rahmayadi Ziarah ke Makam Guru Patimpus Pendiri Kota Medan

Bacalon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat berziarah ke makam Guru Patimpus Sembiring.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-434 Kota Medan, pada 1 Juli 2024. Bacalon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi berziarah ke makam pendiri ibu kota Provinsi Sumut, Guru Patimpus Sembiring, di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Senin 1 Juli 2024.

Sosok Adi Saputra, Penggiat Sepakbola Sebut Pemimpin Peduli Dunia Olahraga di Sumut

Edy mengungkapkan Guru Patimpus memiliki sejarah dalam perjalanan mendirikan Kota Medan ini. "Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara," ucap mantan Pangkostrad itu, kepada wartawan, usai berziarah.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, mengatakan HUT Medan ini, menjadi bahan evaluasi untuk Kota Medan lebih baik lagi kedepannya, dan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakatnya. "Ulang tahun itu merupakan evaluasi apa yang sudah dikerjakan di kota Medan ini. Kita tahu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Hari esok harus lebih baik dari hari ini," ucap Edy Rahmayadi.

Lanjutkan Kepemimpinan, GPMI Doakan Edy Rahmayadi Sukses di Pilgub Sumut 2024

Edy Rahyamadi pun, berjanji akan melakukan revitalisasi makam Guru Patimpus yang kondisinya kurang terawat dan menjadi perhatian bagi pemerintah kedepannya. "Kita melihat kondisi secara real karena kita ada ditempat ini. Untuk itu kita akan melakukan revitalisasi. Emang benar ini adalah pendiri kota Medan Guru Patimpus Sembiring. Beliau mendirikan kota Medan tapi dimakamkan di Deli Serdang karena itu harus izin untuk melakukan revitalisasi ini," jelas Edy.

Mantan Ketua Umum PSSI itu, menjelaskan bahwa Guru Patimpus, merupakan sosok pahlawan yang sangat berjasa, dalam mendirikan dan membangun Kota Medan sudah berusia 434 tahun. Edy mengingatkan bahwa makam Guru Patimpus, harus dilakukan revitalisasi. Agar jasa-jasanya selalu dikenang untuk anak dan cucu kedepankan. Termasuk, anak anak muda mau datang dan menziarahi makam yang kondisi kurang terawat.

Edy Rahmayadi Optimis Terima 'Golden Ticket' dari PDIP Maju di Pilgub Sumut 2024

"Jadi agar orang tahu bahwa di sini 434 lebih tahun lalu kita harus hormati ini pendiri kota Medan. Kedua agar anak kita ini tahu sejarah kan kota Medan ibu kotanya Sumut biar tahu masyarakat yang mendirikan kota Medan ini. Kalau modelnya begini sulit jadinya untuk pembelajaran anak anak kita," kata Edy.

Kondisi makam Guru Patimpus berada di areal perladangan warga yang bersebelahan dengan pemukiman. Kondisi sekitar makam tampak semak dengan rumput yang meninggi dan pokok bambu yang menutupi areal makam. "Sudah 400 tahun, masih begini tidak usah ada pesan lagi, saya kira harus segera direvitalisasi," kata Gubernur Sumut periode 2018-2023.