Budidaya Lebah Trigona Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Namorambe

Pelatihan budidaya madu trigona.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Masyarakat Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, mendapat pelatihan budidaya lebah Trigona di Pancur Gading Hotel dan Resort, Desa Simeme, Kecamatan Namorambe, Selasa 11 Juni 2024. Dengan adanya pelatihan tersebut, Kecamatan Namorambe diharapkan menjadi sentra pengembangan sekaligus penghasil madu trigona di Deliserdang.

Kemandirian Ponpes Modern Guntur Batubara, Edy Rahmayadi : Saya Sangat Salut

Dalam sambutannya, Camat Namorambe Febri Gurusinga mengatakan, budidaya lebah trigona merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Sebagai orang Namorambe asli, saya ingin ada icon Namorambe. Umpamanya, ada masyarakat yang ingin mencari madu trigona, orang-orang akan bilang, oh disana, di Namorambe ada budidayanya," ujar Febri.

Ibu dan Anak Tewas Tertimpa Pohon Besar Timpa Bangunan Bengkel di Deliserdang

Febri juga mengatakan, selain menambah penghasilan masyarakat dari penjualan madu, pengembangan lebah tigona juga berpotensi dikemas menjadi sarana pengembangan pariwisata barbasis alam.

“Namorambe sangat memungkinkan menjadi kawasan ekowisata. Pengunjung yang datang dapat menikmati madu trigona langsung dari sarangnya. Pakai sedotan. Ini pasti menarik, karena pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan bagaimana cara budidayanya,” tambah Febri.

Gara-gara Minta Liburan, Suami Bunuh Istrinya dan Rekayasa Kematian Korban

Lebih dari itu, Febri juga berharap, masyarakat di Kecamatan Namorambe membuka diri dalam pengembangan berbagai bidang usaha, tidak hanya terfokus pada hasil pertanian semata.

“Kita perlu perlu melakukan inovasi-inovasi. Tidak hanya bidang pertanian, tetapi juga bidang lain yang berpotensi menghasilkan cuan, mengingat persaingan yang semakin ketat dan kompetitif di masa mendatang. Artinya, Namorambe harus bisa menjadi pusat inovasi dan pencipta trend di Kabupaten Deli Serdang. Namorambe bisa menjadi trendsetter budidaya madu lebah trigona saya yakin itu,” harap Febri.

Halaman Selanjutnya
img_title