Jadwal PSU di Samosir dan Nisel, Tinggal Menunggu Juknis KPU RI

Pemilih menggunakan hak suara pada Pemilu 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara menunggu petunjuk teknis (Juknis), terkait dengan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) disejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Samosir dan Kabupaten Nias Selatan (Nisel).

KPU Labura Terbakar, Seluruh Dokumen Ludes Dilalap Si Jago Merah

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin mengungkapkan pelaksanaan PSU akan dilaksanakan paling lama 30 hari, dari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), terkait hasil sidang Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Untuk persiapan KPU Sumut, masih menunggu Juknis dan pengarahan terkait dengan pelaksanaan PSU dari KPU RI," kata Agus saat dikonfirmasi VIVA Medan, Senin 10 Juni 2024.

Diduga Langgar Aturan Verfak Syarat Dukungan Calon, Ini Kata KPU Tapsel

Agus mengaku sudah melakukan kordinasi terlebih dahulu dengan KPU Kabupaten Samosir dan KPU Kabupaten Nias Selatan. Termasuk, kordinasi insiatif dari dari kedua KPU tersebut.

"Termasuk menunggu Juknis dalam persiapan pelaksanaan dan mereka sudah ke KPU Provinsi Sumut, untuk berkonsultasi terkait pelaksanaan PSU. Semua itu, untuk persiapan pelaksanaan PSU," jelas Agus.

Sejak Dinihari BBMKG Catat Samosir Alami Gempa Bumi 51 Kali

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan

Hal senada juga disampaikan Anggota KPU Sumut, Robby Effendi Hutagalung mengatakan KPU Sumut, KPU Kabupaten Samosir dan KPU Kabupaten Nias Selatan melaksanakan Putusan MK setelah mendapatkan pengarahan KPU RI.

Halaman Selanjutnya
img_title