Rencana Induk Rally of Indonesia Road to WRC, Dampak Positif Bagi Pariwisata di Indonesia

Pereli Sumut Musa Rajekshah 'Ijeck' memacu mobilnya pada Kejurnas Sumut Rally Putaran I di perkebunan Rambong Sialang Kabupaten Sergai.
Sumber :
  • Dok Ijeck

VIVA Medan - Ikatan Motor Indonesia (IMI) sudah mempersiapkan rencana induk Rally of Indonesia Road to World Rally Championship (WRC) di Sumut. Dampak positif ekonomi dan promosi wisata, akan dirasakan dalam event olahraga dunia itu.

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Ketua Badan Pengawas PP IMI Jeffrey JP didampingi Pembina IMI Sumut, Musa Rajekshah dan Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution melakukan persentasi terkait rencana induk WRC ke Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni di Kantor Gubsu, Medan, Selasa kemarin, 30 Juli 2024.

Dalam paparannya, Jeffry JP mengatakan ada sekitar 34 negara yang memiliki atlet rally yang akan bertanding secara global di setiap event WRC. Gelaran ini selain sebagai program sport tourism dan entertaiment juga akan menunjang peningkatan devisa melalui promosi potensi pariwisata di Indonesia.

Menpora Lapor ke Bareskrim dan Kejagung Pelaksanaan PON 2024, Ini Kata Pj Gubernur Sumut

“Estimasi kita yang akan berkunjung ke Medan dan sekitar 600 sampai 800 orang staf dari para atlet atau peserta. Mereka akan menginap di hotel bintang 4 atau 5. Panitia kita seluruhan saya asumsikan 750 orang, media dan penonton nasional sekitar 1.350," kata Jeffry, dalam keterangannya, Rabu 31 Juli 2024.

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni bersama Pembina IMI Sumut, Musa Rajekshah.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan
Pj Gubernur Sumut Respon Viral Jalan Menuju Venue Voli PON 2024 Berlumpur dan Berair

Selain itu, Jeffry mengungkapkan melalui WRC ini, dipastikan hunian kamar hotel akan meningkat secara drastis. Sehingga memberikan dampak baik bagi pelaku jasa pariwisata di Sumut.

"Hotel saya dapatkan info saat ini total 2.039 kamar, ditambah di Kualanamu ada 444 kamar, Pematang Siantar ada 446 kamar dan Parapat ada 612 kamar,” ucap Jeffry.

Halaman Selanjutnya
img_title