Festival Kaldera Toba di Pulo Sibandang, Berikan Edukasi Kesehatan dan Kelestarian Budaya

Festival Kaldera Toba berikan edukasi Budaya dan kesehatan di Pulo Sibandang Kabupaten Taput.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Festival Kaldera Toba berlangsung di Pulo Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, pada 31 Mei hingga 1 Juni 2024. Kegiatan ini, memberikan edukasi kelestarian budaya dan kesehatan dengan selalu menjaga pola hidup sehat.

Polisi Segera Periksa Pemeran Wanita Adegan Mesum dengan Mirip Sekda Taput

Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Taput, Dimposma Sihombing mengapresiasi acara ini dan mengaku sangat terharu, langsung penuh dengan meriah dan dapat menghibur masyarakat Pulau Sibandang.

"Kegiatan ini, menjadikan acara pesta rakyat disini dan kedepannya agar bisa diagendakan acara tahunan di Pulau Sibandang," kata Dimposma, dalam keterangannya, Minggu 2 Juni 2024.

Polemik Surat Fraksi Nusantara DPRD Sumut soal Undang Pj Bupati Tapanuli Utara Acara Senam Massal

Acara diisi kolaborasi kegiatan kebudayaan khas Batak Toba seperti Pertunjukan Mangandung, Pertunjukan Kolosal Sulim, Pearung, serta Mulia Raja, dan turut partisipasi dari Sanggar Seni Kebudayaan Pulo Sibandang, Kabupaten Tapanuli Utara.

Selain Kegiatan tersebut, Edukasi Kesehatan Gizi juga dilaksanakan oleh STRIVE.IND, relawan wisata di Indonesia. Dalam edukasi kesehatan gizi menekankan pentingnya hidup sehat sejak dini dengan mengkonsumsi sayur sayuran, telur, ikan dan juga susu.

Pengamat Sebut Bandara Kualanamu Berikan Dampak Ekonomi Positif Bagi Sumut

Para wisatawan dari voluntourism tiba di Pulo Sibandang disambut dengan Senyum Sapa Salam (3S), sehingga membuat takjub. Masyarakat Pulo Sibandang sudah memahami akan sadar wisata, terlihat dari keramahan dan sambutan yang hangat untuk para pendatang.

Pada hari pertama, voluntourism yang hadir langsung melihat atraksi kebudayaan dan tari-tarian khas Batak Toba. Tarian yang paling dilirik adalah tarian Hoda Hoda. Mengapa? Karena tarian inilah asli dari Pulo Sibandang yang dilestarikan kembali oleh Dispar Kabupaten Taput.

Halaman Selanjutnya
img_title