Bawaslu Sumut Lakukan Pemetaan Kerawanan Bencana Alam Saat 14 Februari 2024

Kantor Bawaslu Sumut.
Sumber :
  • Dok Bawaslu Sumut

VIVA Medan - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara melakukan pemetaan terhadap kerawanan pada hari pencoblosan 14 Februari 2023. Kerawanan dari kecurangan hingga kondisi cuaca mengakibatkan terjadi bencana alam saat pelaksanaan pemungutan suara.

F1 Powerboat 2024 Dulang Keuntungan, Pj Gubernur Sumut: Perputaran Uang Sangat Besar Rp 300 Miliar

Hal itu, diungkapkan oleh Anggota Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang, Senin 4 Desember 2023. Ia mengatakan pemetaan tersebut, untuk mengindentifikasi setiap permasalahan yang berpotensi terjadi selama tahapan Pemilu 2024 ini.

"Untuk pemetaan kerawanan sendiri, bahwa setiap tahapan Pemilu dan locus atau tempat itu, harus kami deteksi sesuatu yang rawan, tujuannya adalah positif," jelas Suhadi.

Bawaslu Kaji Dugaan Pelanggaran Pemilu Menyebabkan PSU di Sumut

Suhadi mengungkapkan bahwa Bawaslu Sumut, sedang membuat peta kerawanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena, diketahui ini di TPS itu multi kerawanan. Hal itu, dipicu kerawanan Sumberdaya Manusia (SDM), yang kurang memahami terkait tentang tugas pokok dan fungsinya di TPS.

"Kerawanan bertukarnya, surat suara. Kerawanan terlambat distribusi logistik yang disebabkan beberapa faktor antara lain adalah medan atau alamnya, jarak tempuhnya," jelas Suhadi.

F1 Powerboat 2024 Danau Toba, Pemprov Sumut Optimis Dongkrak Ekonomi Lokal

Komisioner Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan

Kemudian, Suhadi mengungkapkan rawan akan potensi pemilih yang tidak memiliki hak tapi memberikan suara dan ada pemilih yang meneruskan suaranya lebih dari satu kali.

Halaman Selanjutnya
img_title