Hockey Indoor Putri Jabar Sabet Emas, Usai Taklukan Jateng 6-4 di Final PON 2024

Hockey Indoor putri Jabar sabet emas, usai taklukan Jateng di final PON 2024.
Sumber :
  • Dok PB PON 2024 Wilayah Sumut

VIVA Medan - Tim Hockey Indoor Putri Jawa Barat (Jabar) sabet medali emas Pekan Olah Raga (PON) XXI tahun 2024, Aceh-Sumut. Usai taklukan Jawa Tengah (Jateng) 6-4, dalam laga final berlangsung di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Kabupaten Deliserdang, Rabu 11 September 2024.

Esports Resmi Dipertandingkan di PON 2024, Menpora Dito : Ini Momen Bersejarah

Final ini merupakan ulangan dari pertandingan terakhir di fase penyisihan grup (kualifikasi). Kala itu, Jabar yang sudah memastikan tiket ke final kalah 4-6 dari Jateng. Cabang olahraga (cabor) hockey indoor (putra dan putri) dipertandingkan dengan menggunakan sistem setengah kompetisi.

Dua tim teratas di klasemen akhir berhadapan di final untuk memperebutkan medali emas. Sedangkan, tim peringkat tiga dan empat bertarung untuk medali perunggu. Pada pertandingan yang digelar di tempat yang sama, kemarin, Jatim memastikan perunggu usai menundukkan tuan rumah Sumut lima gol tanpa balas.

Keterbatasan Fasilitas dan Pendanaan, Pesilat Asal NTT Sukses Raih Medali Emas PON 2024

Laga Jabar versus Jateng berjalan seimbang dan memang sudah ketat sejak menit pertama. Segera setelah pluit kick off, kedua tim silih berganti menggeber serangan. Jabar lebih dulu unggul melalui Rahma Dwi Aulia yang pada laga ini mencetak dua gol. Adapun gol-gol lainnya dilesakkan Nur Aini Sugiarti, Taoziah Nur Maslikah, Deslita Ayu Prasetia, dan Tika Fitriani.

Dari kubu Jateng, empat gol dicetak oleh empat pemain berbeda yakni Desi Ratna Wardani, Maulina Nurul Jannah, Ermia Nurlia Anggraini, dan Miftakhul Khasanah. Untuk yang kedua kalinya dalam Pekan Olahraga Nasional Tim Hockey Indoor Putri Provinsi Jawa Barat memperoleh medali emas, sebelumnya Jabar juga berhasil memperoleh medali emas pada PON ke XX di Provinsi Papua.

Atlet Asal Sumsel Boyong Medali Emas di Cabor Atletik 110 Meter Gawang di PON 2024

Atas capaian meraih medali emas, Pelatih Jabar, Yuda, mengatakan sangat gembira dan bersyukur timnya bisa memenuhi target meraih medali emas. “Semua lelah dari kerja keras selama latihan berbulan-bulan terbayar sudah. Kami menjadi yang terbaik lagi di PON kali ini,” katanya usai pertandingan. Jabar memang datang ke Medan dengan status juara bertahan cabor hockey indoor PON.

Mereka juga menjadi yang terbaik di PON XX Papua. Tentang kekalahan atas Jateng sebelumnya, Yuda mengatakan saat itu dirinya melakukan sejumlah rotasi guna menjaga stamina pemain. “Tiket ke final saat itu sudah kami peroleh. Di lain sisi, ketatnya jadwal laga membuat masa recovery pemain jadi sangat singkat. Untuk mengembalikan kebugaran mereka kami melakukan sejumlah rotasi dan pergantian strategi,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title