PP PBFI Kampanyekan Atlet Binaraga dan Fitness Wajib Bebas Doping

Ketua Umum PP PBFI, Irwan Alwi meninjau venue binaraga dan fitness PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi pentas bagi Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI) untuk terus mengkampanyekan anti doping. Hal ini dibuktikan dengan memberlakukan setiap atlet binaraga dan fitness memiliki sertifikasi Anti Doping Education and Learning (ADEL).

Pelari Sumut Nella Agustin Raih Emas 400 Meter Gawang Putri PON 2024

Ketua Umum PP PBFI Irwan Alwi mengatakan, kampanye anti doping bagi setiap atlet binaraga dan fitness ini sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan bagi atlet yang ikut Olimpiade.

“PP PBFI terus mengkampanyekan anti doping. Jadi, cabang olahraga (cabor) binaraga dan fitness menjadi satu-satunya cabor yang memberlakukan sertifikasi ADEL," ungkap Irwan Alwi di venue binaraga dan fitness PON di Hotel Four Points Medan, Selasa 10 September 2024.

Lari Trail Eksebisi di PON 2024, Sumut Bersaing dengan DKI dan Sulsel

Pemberlakukan sertifikasi ADEL bagi 89 atlet yang tampil pada cabang olahraga binaraga dan fitness di PON 2024, kata Irwan Alwi, mendapat dukungan penuh dari Organisasi Anti Doping Indonesia (IADO). Bahkan, tegasnya, IADO juga telah melaporkan PP PBFI sebagai pelopor anti doping PON XXI/2024 Aceh-Sumut kepada Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Pertandingan cabor binaraga dan fitness yang memperebutkan 11 medali emas akan digelar di Hotel Four Point Medan, Sumut, 10-11 September 2024. “Boleh dibilang panggung cabor binaraga dan fitness yang paling megah di PON XXI/2024 Aceh-Sumut,” pungkasnya.

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024