Jadi Tuan Rumah PON 2024, Atlet Sumut Dapat Kesempatan Tes Venue Sebelum Bertanding

GOR Futsal yang dipersiapkan sebagai venue PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Jadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara, sebut memberikan keuntungan bagi atlet bisa tes venue sebelum pertandingan berlangsung.

Raih 2 Emas, Nicholas dan Harris Buka Kran Wushu Sumut di PON 2024

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis kepada wartawan, Jumat 23 Agustus 2024. Ia mengatakan salah satu cabor yang sempat tes venue, terlebih dahulu adalah Atletik. John menyoroti bila masih ada venue yang belum siap jelang penyelenggaraan PON, akan merugikan atlet, yang tidak bisa tes venue sebelum pertandingan.

"Iya yang kita beruntung itu yang Atletik kita bisa latihan (disitu). Kalau yang lain kita dan kontingen pendatang itu sama, yaitu sama-sama belum menjajal venue, itulah kerugian kita sebenarnya. Seyogya jika itu (venue) sudah siap, maka kita bisa latihan disitu," sebut John.

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan

Kemudian, John mengungkapkan dengan melakukan tes venue PON, atlet bisa melakukan adaptasi hingga melakukan latihan ringan di venue tersebut. Sehingga capaian dapat diraih dengan maksimal di PON 2024 ini.

Boling Ganda Putri Sumut Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

"Ya sebagian besar (venue) bisa dicoba, tapi yang punya lapangan spesifik, yang mengandalkan kita harus punya pengalaman disitu ya atletik, tapi atletik dimanapun stadionnya sama," jelas John.

John mencontohkan cabor Bowling, yang sudah terbiasa menjajal venue, yang bakal jadi tempat bertandingnya juga di ajang olahraga empat tahunan tersebut, bahkan sejak masa persiapannya.

Halaman Selanjutnya
img_title