PASI Sumut Gelar Kejurda Atletik Diikuti 1.620 Peserta

Ketua PASI Sumut, David Luther Lubis bersama juara di Kejurda Atletik Sumut.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Sumatera Utara atau disebut Pengprov PASI Sumut, menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) atletik diikuti 1.620 peserta.

Pelari Sumut Nella Agustin Raih Emas 400 Meter Gawang Putri PON 2024

Ketua Umum Pengprov PASI Sumut, David Luther Lubis, mengungkapkan jumlah peserta ini, terbanyak dalam sejarah kejurda atletik, yang pernah dihelat di Indonesia. "Ini memecahkan rekor jumlah terbanyak peserta yang mengikuti kejurda. Kerja keras panitia dan tingginya antusias peserta patut diacungi jempol," ungkap David Luther saat pembukaan Kejurda Atletik di Stadion Madya Atletik, Deliserdang, Minggu 18 Agustus 2024.

David Luther mengatakan bahwa 1.620 peserta ini, berasal dari 25 Kabupaten/Kota dan 250 SMP dan SMA sederajat, 100 klub yang ada di Sumatera Utara serta dari Kodam I Bukit Barisan. Atas penyelenggaraan Kejurda ini, David Luther mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Ia mengungkapkan Kejurda sebagai pemanasan untuk menghadapi PON 2024.

Lari Trail Eksebisi di PON 2024, Sumut Bersaing dengan DKI dan Sulsel

"Terimakasih atas support kepada Pj Gubernur Sumut, semoga dengan Kejurda ini bakal ada bibit baru yang bisa mengharumkan nama Sumut. Kita juga berharap dengan adanya kejurda ini menjadi penyemangat menuju PON nantinya," jelas David Luther.

Sementara itu, Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung mengapresiasi PASI Sumut melaksanakan Kejurda dengan banyak peserta. Hal ini, menunjukkan antusias yang tinggi dari peserta sekaligus menjadi momen dalam menjaring atlet profesional dan berprestasi. Tigor mengungkapkan bahwa PB PASI Pusat, terus memberikan support agar Kejurda bisa berkesinambungan dilaksanakan.

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

"Sumut selalu menjadi penting dalam sejarah di Indonesia, karena Sumut dikenal punya atlet legenda, seperti Mardi Lestari, ada Parluatan siregar dan sebagainya. Dan ini Kejurda Atletik dengan peserta terbanyak yang pernah digelar di Indonesia," kata Tigor.

Tigor menyebut, Sumut punya potensi besar memunculkan juara juara baru untuk ke tingkat yang lebih tinggi. "Terus semangat, berlatih giat jangan pantang menyerah," ucapnya menyemangati peserta.

Halaman Selanjutnya
img_title