Merantau Karena Sepi Pelanggan, Ibu Muda Dijual Suami Melalui Michat ke ABK

Ilustrasi perdagangan perempuan.
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVA - Seorang ibu muda dijual suaminya kepada anak buah kapal (ABK), usai pergi merantau dari kampung halaman. Sudah lebih 5 kali korban dijual dengan tarif Rp300 hingga Rp900 ribu.

Lama Dinantikan Akhirnya Lion Air Buka Rute Medan - Balikpapan, Berangkat Tiap Hari

Aksi tersebut terhenti, usai suami korban JI (21) dan mucikari, RA yang masih berusia 19 tahun ditangkap di sebuah hotel di bilangan Jalan Imam Bonjol Samarinda, Kalimantan Timur, pada Kamis 27 Juli 2023.

Wakapolresta Samarinda, AKBP Eko Budiarto, mengatakan keduanya ditangkap, lantaran menjual seorang ibu muda seharga Rp900 ribu kepada ABK di Pelabuhan Samarinda. Katanya, korban dan suaminya adalah warga Banjarmasin. Keduanya ke Samarinda lantaran sepi pelanggan di Banjarmasin.

Lonjakan Pengungsi Rohingya, Anggota DPD RI Dedi Iskandar Soroti Keamanan Laut Indonesia

"Korban dan salah satu pelaku adalah suami istri. Mereka datang dari Banjarmasin pada hari Rabu, menggunakan travel," katanya. 

Kepada polisi, pelaku mengaku menjual istri dari bantuan rekannya yakni RA yang berperan sebagai mucikari. Korban dipasarkan melalui akun aplikasi michat.

Mabes Polri dan Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Ginjal Senilai Rp 175 Juta, Rencana Dijual ke India

Tidak hanya sekali, kedua pelaku memasarkan korban lebih dari 5 kali di Samarinda. Hasil penjualan itu, digunakan untuk keperluan rumah tangga.

"Pelaku ini berperan sebagai manajer yang mengatur keuangan hasil jasa yang ditawarkan. Sekali kencan, korban ditawar dari Rp 300 ribu hingga 900 ribu rupiah," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title