Taklukkan NTT 3-2 di Semi Final, Kaltim Bertemu Jatim di Final Futsal Putra PON 2024

Futsal putra Kaltim saat bertanding melawan NTT di PON 2024
Sumber :
  • Dok PB PON 2024 Wilayah Sumut

VIVA Medan - Tim atlet Futsal Kalimantan Timur (Kaltim) pastikan melaju ke final Futsal Putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh 2024. Usai Kaltim taklukan perlawanan Nusa Tenggara Timur (NTT) 3-2 di GOR Dispora Sumut Pancing, Jalan Williem Iskandar, Kabupaten Deliserdang, 7 September 2024.

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Di laga final, Kaltim akan berhadapan dengan Jawa Timur (Jatim) yang lebih dahulu memastikan diri meraih tiket ke partai puncak usai mengalahkan Banten 3-2. Kaltim tampil meyakinkan di paruh pertama. Muhammad Akrab membuka keunggulan Kaltim di menit 4, disusul Brace Fajar Aidil Adha yang diciptakan di menit 12 dan 17.

Tertinggal tiga gol, NTT mengubah pola permainan di babak kedua. Mereka bermain lebih sabar, melakukan build up dan transisi yang cepat. Menit 22 Rivaldo Krise yang lolos dari kawalan pemain Kaltim melesakkan gol untuk memperkecil margin gol. NTT makin meningkatkan intensitas serangan demi mengejar ketertinggalan.

Boling Ganda Putri Sumut Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

Serangan bertubi-tubi NTT direspon Kaltim dengan bermain lebih dalam di lini pertahanan. Lima menit jelang tutup babak kedua, asa NTT terbuka lebar setelah Delon Ansgerius Lau mencetak gol di menit 35. Namun Kaltim mampu bertahan dari gempuran NTT. Hingga laga berakhir skor tidak berubah.

Pelatih NTT, Julinur Hafid kecewa atas hasil ini. Menurutnya, gol-gol Kaltim di babak pertama di luar prediksi.

Closing Ceremony PON 2024 di Sumut, Terapkan Pengamanan Sistem Tiga Ring

“Belum jadi rezeki kita. Babak pertama kita kalah telak, pemain sempat terkejut karena mereka bisa mencetak gol cepat. Di babak kedua, Kaltim bermain cenderung negatif untuk mempertahankan keunggulan. Tentu ini sah saja. Kita yang kurang beruntung. Kita bisa mencetak gol tapi akhirnya gagal mengejar ketertinggalan,” katanya usai laga.

Pelatih Kaltim, Panca Fauzi, mengatakan langkah ke final yang dicapai untuk pertama kali sepanjang keikutsertaan di cabang futsal PON 2024 merupakan ridho Allah. Dia berterima kasih ke tim, fans, dan doa orangtua. “Alhamdulilah syukur ke Allah SWT bisa ke final. Mudah-mudahan diridhoi Allah meraih medali emas melawan Jatim. Mereka tim terbaik, tapi kita akan tetap berusaha,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title