Ledakan Hebat di Perumahan Elite di Medan, Polda Sumut: Murni Gas, Bukan Bom

Kondisi rumah yang porak-poranda akibat ledakan hebat di Kompleks Liberty Residence, Kota Medan.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan – Subdit Fiskom Bid Labfor Polda Sumut melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dengan cara uji udara dan gelembung di lokasi ledakan yang terjadi di Kompleks Liberty Residence, Jalan Pendidikan, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Kamis 16 Mei 2024.

Distribusi BBM Berkualitas, Pertamina Sumbagut Operasikan 774 Pertashop

Kemudian, dilakukan penyisiran sekitar TKP dan lokasi ledakan dengan mengumpulkan sisa-sisa pemicu ledak hingga material bangunan dari kerusakan.

Kasubdit Fiskom Bid Labfor Polda Sumut, AKBP. Roy Siburian, mengungkapkan dalam pengujian tim labfor di lokasi ledakan tersebut tidak menemukan adanya bahan peledak atau bom.

Mobil Patwal Polisi Kontra Terios di Medan, Kondisi Kenderaan Rusak Parah

"Melihat dari kerusakan, ini murni ledakan gas bukan ledakan bom," ucap Roy.

Roy menjelaskan bahwa ledakan tersebut, dipicu dengan tabung gas 12 kilogram yang sudah mengalami kebocoran hingga menyebar di ruang rumah. Itu yang memicu ledakan hebat.

Sultan Deli XIV Dukung Penuh Rico Waas di Pilkada Medan

"Sedangkan hasil yang ditemukan juga tim labfor melihat pusat ledakan itu berasal dari dua tabung gas berukuran 12 kilogram dan terjadi kebocoran pada regulator gas," tutur Roy.

Berdasarkan informasi dihimpun, ledakan perumahan elite itu terjadi Rabu pagi, 15 Mei 2024, sekitar pukul 06.50 WIB. Dalam video beredar berasal rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian, ledakan tersebut sempat mengeluarkan api dan mendorong keluar mobil pemilik rumah dari garasinya.

Halaman Selanjutnya
img_title