Kementan Berikan Pelatihan Analisa Usaha Pertanian kepada Pegawai Bank Sumut

Kementan berikan pelatihan analisa usaha pertanian kepada pegawai Bank Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, bekerjasama dengan PT Bank Sumut memberikan pelatihan analisa usaha pertanian kepada 36 Account Officer dari seluruh kantor cabang Bank Sumut. Pelatihan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 9 hingga 11 November 2023 di Polbangtan Medan.

Pemprov Sumut Jaga Pergerakan Komoditas Pangan

Materi pelatihan diisi oleh dosen-dosen Polbangtan Medan yang ahli di dalam bidang pertanian. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur II Polbangtan Medan, Mukhlis Yahya, S.P., M.P. dan Pimpinan Devisi Retail PT Bank Sumut, Erwin Zaini.

Pelatihan bagian para account officer ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas para account officer atau analis kredit PT Bank Sumut dalam melakukan analisa usaha pada sektor pertanian. Dengan begitu, para petani bisa mendapatkan dana kredit sesuai dengan usaha taninya sehingga bisa meningkatkan produksi pangan dari lahan taninya.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian RI Andi Arman yang melakukan pembenahan besar-besaran untuk meningkatkan produktivitas dan produksi pangan Indonesia sehingga menjadi lumbung pangan dunia.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa target akselerasi percepatan ini adalah terwujudnya swasembada pada tahun 2025 mendatang sehingga Indonesa bisa menekan kebijakan impor. Karena itu, Dedi mengajak agar kampus dan para akademisi lain terlibat secara langsung dalam proses percepatan ini.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Salah satunya dengan memberikan pelatihan dan pendidikan yang berkaitan dengan pertanian. Dalam kata sambutannya, Mukhlis berharap agar pelatihan ini bisa menambah wawasan bagi para account officer untuk menganalisa usaha tani bagi para petani yang akan mengajukan kredit pinjaman untuk usaha tani nya.

“Diharapkan melalui pelatihan ini, para analis kredit bisa memahami bagaimana usaha pertanian sehingga bisa memberikan suntikan dana kepada petani yang tepat,” ucapnya, dalam keterangannya, Minggu 12 November 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title