KAI Sumut Catat 73 Persen Tiket Masa Nataru Ludes Terjual, Masih Tersedia 50.355 Tiket

Penumpang kereta api melakukan pembelian tiket.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut, mencatat sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, telah terjual 136.125 tiket atau 73 persen, dari persediaan 186.480 tiket pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

Kemenpar Tingkatkan Layanan Wisatawan Liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di DPSP Danau Toba

"Sedangkan penjualan tiket masa Nataru 2024/2025, telah terjual sebanyak 136.125 tiket atau 73 persen," sebut Manager Humas KAI Sumut, Anwar Solikhin, Senin sore, 30 Desember 2024.

Sementara, KAI Sumut mencatat tiket kereta api yang masih tersedia sebanyak 50.355 tiket. Termasuk, beberapa KA yang masih tersedia tiketnya antara lain KA Sribilah Utama relasi Medan-Rantauprapat, KA Datuk Belambang relasi Tebing Tinggi-Lalang dan KA Perintis Cut Mutia relasi Kruenggegeuh-Kruengmane. 

Liburan Seru Nataru, KAI Berikan Diskon Akhir Tahun Hingga 30 Persen

Bagi masyarakat, yang akan melakukan perjalanan libur tahun baru menggunakan jasa KA, dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI atau channel penjualan tiket resmi lainnya.

Lanjut, Anwar mengatakan jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat pemesanan, secara online masih berlangsung hingga keberangkatan KA. 

Pria Mabuk Tewas Usai Ditangkap, Hasil Visum Diduga Ada Luka di Kepala hingga Rahang

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan libur Nataru menggunakan layanan KA untuk dapat segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI," ucap Anwar.

Berdasarkan data diperoleh dari KAI Sumut, menyebutkan Stasiun Medan menjadi stasiun tersibuk dengan memberangkatkan 2.460 penumpang dan penumpang turun sebanyak 2.578 penumpang. 

Sedangkan untuk Stasiun Rantauprapat memberangkatkan 1.023 penumpang dan penumpang turun sebanyak 941 penumpang. Stasiun Kisaran juga merupakan stasiun sibuk dengan memberangkatkan 1.020 penumpang dan penumpang turun sebanyak 873 penumpang.

PT KAI Divre I Sumut juga berkomitmen meningkatkan kualitas layanan. Berbagai pembaruan dilakukan untuk melayani pelanggan KA, termasuk peningkatan fasilitas di stasiun dan kereta, serta penerapan standar keselamatan terbaru. 

"Hal ini, bertujuan memberikan pengalaman perjalanan menggunakan KA dengan nyaman, aman, dan menyenangkan bagi pelanggan," ungkap Anwar.