Tanggulangi Darurat Malaria dan DBD di Nias Selatan, Dinkes Sumut Fokus 16 Langkah Penanganan

Plt Kadinkes Sumut, Basarin Yunus Tanjung.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Dalam penanganan darurat wabah demam berdarah dengue (DBD) dan malaria, di Kabupaten Nias Selatan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara menyiapkan 16 langkah tindakan. Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sumut berangkat ke Nias Selatan untuk bergabung dengan tim dari Pusat.

Menpora Lapor ke Bareskrim dan Kejagung Pelaksanaan PON 2024, Ini Kata Pj Gubernur Sumut

Tim terdiri dari dr. Nora Violita Kasi P2PM & Survim, M. Fatan (Program Malaria dan Vektor), Veralina (Pj Program Arbovirosis DBD), Wahyuni (Program Surveilans), dan Winda (UPT Labkesda Prov Sumut).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumut, Basarin Yunus Tanjung mengatakan, bantuan lain juga didatangkan dari tim pusat, yakni, satu orang Pusat Krisis Kemenkes, Tim Malaria Kemenkes RI, Tim Arbovirosis.

Pj Bupati Langkat Ikuti Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sumut, Lulus Assesment Test

"Tim pusat membawa logistik RDT Combo dan NS1 untuk Skrining DBD, RDT Malaria 1000 test (40 kotak), Insektisida 50 liter, Kelambu berinsektisida (LLIN = Long Lasting Insecticide Net) 1000 pcs, dan PMT Bumil dan PMT Balita," ucap Basarin, di Kota Medan, Senin 19 Agustus 2024.

Dia menyampaikan, data kumulatif kasus malaria Kabupaten Nisel sebanyak 730 kasus, sedangkan kumulatif kasus DBD Nisel 248 kasus. Dengan rincian, Pasar Pulau Tello 9 kasus, Onaya 3 kasus, Sinauru 1 kasus, Orahili Pulau Tello 1 kasus, Ziangbiang 1 kasus, Hiliamodula 1 kasus, Siefa Banua 1 kasus, Bawodobora 1 kasus, Simaluaya 1 kasus, Sebuasi 1 kasus.

DPW ASPRINDO Sumut akan Gelar Muswil dan Dialog Publik Membangun Masa Depan Sumut

Basarin mengatakan, Dinkes Sumut menyiapkan 16 tindakan dalam penanganan malaria dan DBD di Nisel. Di antaranya koordinasi dengan instansi terkait dan mendirikan posko bantuan. "Hari ini Senin, 19 Agustus 2024, Kadis Nisel akan turun bersama Danramil. Rabu 21 Agustus 2024, Bupati Nisel akan turun bersama Forkopimda ke Pulau-pulau Batu dan tim Dinas Kesehatan Provinsi Sumut juga akan ikut turun," pungkasnya.

16 tindakan penanganan darurat malaria dan DBD Pemprov Sumut

Halaman Selanjutnya
img_title