KAI Sumut Imbau Masyarakat Lebih Teliti, Marak Penipuan Modus Undangan Loker

Awas modus penipuan undangan loker kereta api.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara mengimbau masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan berbentuk lowongan kerja (loker) KAI yang belakangan ini kembali muncul.

HUT KAI Ke-79, Semangat Berikan Layanan Transportasi yang Terbaik Bagi Masyarakat

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan, masyarakat dihimbau agar lebih teliti, apabila mendapatkan informasi terkait rekrutmen PT KAI, seluruh informasi terkait rekrutmen KAI hanya dipublish melalui website rekrut resmi perusahaan yakni e-recruitment.kai.id dan media social resmi @keretaapikita atau @kai121.

"Apabila menemukan informasi lowongan kerja KAI yang tidak bersumber dari kanal resmi tersebut seperti surat undangan rekrutmen atau bentuk lainnya diimbau untuk diabaikan," ucap Anwar, dalam keterangannya, Jumat 9 Agustus 2024.

KAI Sumut Catat Angkut 191 Ribu Penumpang di Bulan Agustus 2024

Modus penipuan berupa lowongan kerja KAI yang beredar umumnya berbentuk surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta untuk menggunakan hotel dan transportasi yang telah disediakan.

"Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen ataupun undangan melakukan seleksi dengan persyaratan tambahan pembayaran untuk penyediaan akomodasi dan transportasi," ujar Anwar.

Dukung Pelaksanaan PON XXI, KAI Sumut Sajikan Promo Spesial Tiket KA Sribilah, Cek Rutenya

Sebagai informasi bahwa rekrutmen di PT KAI, dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya apapun, serta tidak menggunakan sistem penggantian biaya transportasi, maupun akomodasi yang berkaitan dengan proses rekrutmen.

"Masyarakat dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu selama proses rekrutmen," kata Anwar.