Coklit di Sumut 100 % Pilkada Serentak 2024, Data Pemilih Hasil Sinkronisasi 10.915.680 Jiwa

KPU Sumatera Utara.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam Pemutakhiran Data Pemilih di 33 Kabupaten/Kota pada Pilkada serentak 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut mencatat sudah capai 100 persen.

Warga Nahdliyin Siap Menangkan Edy Rahmyadi-Hasan Basri Sagala di Pilgub Sumut

Hal itu, diungkapkan oleh Anggota KPU Sumatera Utara, Frendianus Joni Rahmat Zebua, saat dikonfirmasi VIVA Medan, Kamis 25 Juli 2024. Berdasarkan data diperoleh dari KPU Sumut, pemutakhiran data pemilih hasil Coklit 10.915.680 jiwa.

"Dan kita di Sumut sudah memastikan 100 persen. Update informasi data ini," ucap Frendianus.

Atlet Barongsai Aceh Tampil Gemilang, Amankan Medali Emas di PON 2024

Frendianus menjelaskan pasca 100 persen, lalu rekapitulasi Coklit akan dilakukan berjenjang dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), ke PPS hingga PPK dan KPU Kabupaten/Kota serta KPU Sumut.

"Masih belum, setelah masa coklit selesai, terlebih dahulu dilakukan rekapitulasi lalu, ditetapkan secara berjenjang lewat pleno di tingkat PPS, PPK, KPU kabupaten/kota, lalu penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU Provinsi di tanggal 15 Agustus 2024," jelas Frendianus.

Pembukaan PON 2024 Wilayah Sumut Bakal Seperti di Aceh

Selanjutnya, Frendianus mengatakan setelah dilakukan diumumkan ke masyarakat untuk mendapat tanggapan atau masukan masyarakat. "Setelah itu baru dilakukan analisis kegandaan data. Lalu Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP)," kata Frendianus.

Frendianus mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan proses tahapan pemuktahiran data pemilih itu, dari Coklit, DPSHP hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Hingga semua data clear dan ditetapkan menjadi DPT di tanggal 22-27 September 2024 nantinya," jelas Frendianus.

Halaman Selanjutnya
img_title