KKJ Temukan Fakta Kejanggalan Kebakaran Rumah Wartawan Tewaskan 4 Orang di Karo

Petugas Labfor Polda Sumut olah TKP rumah wartawan kebakaran di Karo tewaskan satu keluarga.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara melakukan investigasi terkait kasus kebakaran rumah wartawan Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu (40) di jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Kodam Bukit Barisan Respon Kebakaran Rumah Tewaskan Satu Keluarga di Karo

Dalam kebakaran terjadi pada Kamis dini hari, 27 Juni 2024, sekitar pukul 03.30 WIB. Selain, Sempurna Pasaribu, juga merenggut nyawa istrinya, Efprida Br Ginting (48), anaknya, Sudiinveseti Pasaribu (12) dan cucunya, Loin Situngkir (3).

Untuk diketahui, KKJ terdiri dari lembaga profesi jurnalis AJI Medan, IJTI Sumut, PFI Medan dan FJPI. KKJ, telah melakukan verifikasi dan pendalaman terkait kasus kebakaran rumah yang menewaskan Rico Sempurna Pasaribu.

Polisi Ungkap 2 Titik Api Membakar Rumah Wartawan di Karo, Tewaskan Satu Keluarga

Koordinator KKJ Sumatera Utara, Array A Argus menjelaskan bahwa dari hasil investigasi bersama yang dilakukan KKJ Sumut, ditemukan sejumlah fakta bahwa kasus kebakaran yang menewaskan wartawan Tribrata TV dan keluarganya ini, diduga menjadi korban usai memberitakan perjudian yang ada di Jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

"Dalam pemberitaan yang dimuat korban, dijelaskan ada keterlibatan oknum aparat berinisial HB. Sebelum kebakaran terjadi, ada rentetan kasus antara Sempurna Pasaribu dengan oknum aparat diduga berinisial HB tersebut," kata Array, Selasa 2 Juli 2024.

Polisi Periksa 5 Saksi Kunci Kasus Kebakaran Rumah Tewaskan Satu Keluarga di Karo

Kondisi kebakaran rumah wartawan di Karo yang hangus terbakar.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Didampingi Wakil Koordinator KKJ Sumut Prayugo Utomo, Ketua AJI Medan Cristison Sondang Pane, Ketua IJTI Sumut Tuti Alawiyah, Kadiv Advokasi PFI Medan Nanda Batubara, Sekretaris FJPI Sumut Siti Amelia, Kontras Sumut Ady Yoga Kemit. Lanjut Array mengungkapkan kasus ini, bermula ketika anggota ormas, yang biasa duduk di warung tempat perjudian memohon pada korban.

Halaman Selanjutnya
img_title