Tanggap Bencana Sumbar, Pertamina Salurkan BBM untuk Operasional Alat Berat

Petugas mengisi BBM alat berat untuk penanganan banjir bandang dan lahar dingin di Agam dan Tanah Datar, Sumbar.
Sumber :
  • Dok Pertamina

VIVA Medan - Proses evakuasi dan penanganan dampak banjir bandang dan lahar dingin, yang terjadi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sudah memasuki hari ke-10. Penanganan di wilayah terdampak masih terus dilakukan oleh pemerintah daerah dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pertamina Sumbagut Terus Berkomitmen Tumbuhkan Anti Korupsi di Lingkungan Kerja

Memastikan kebutuhan energi dalam proses penanganan bencana, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut turut memberikan bantuan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) kepada Pemerintah Daerah dan BNPB selama masa tanggap darurat.

“Sampai dengan selesai bencana darurat, melalui Program Pertamina Peduli kami telah menyediakan BBM, yang digunakan untuk membantu pengoperasian alat-alat berat,” ucap Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Freddy Anwar, dalam keterangannya, Kamis 23 Mei 2024.

Pertamina Siapkan Stok LPG 3 Kg Sebanyak 251.440 Tabung di Sumut Selama Idul Adha

Sebagai informasi, sejak Selasa malam, 12 Mei 2024 hingga saat ini, Pertamina Patra Niaga Sumbagut bersama Program Pertamina Peduli telah menyalurkan bantuan setiap harinya rata-rata kurang lebih 2.500 Liter BBM jenis Dexlite untuk tiga wilayah terdampak, seperti Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Padang Panjang setiap harinya, guna pengoperasian alat berat masa tanggap darurat.

Jumlah yang disalurkan ini juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan untuk aktifitas di lokasi. Freddy mengungkapkan, untuk kebutuhan penyaluran BBM di Kab. Tanah Datar dan Kab. Agam, Pertamina Patra Niaga Sumbagut telah menerapkan skema RAE (Reguler Alternative Emergency).

Dituding Miliki Gudang Olahan Minyak Ilegal, Ini Klarifikasi PT Rafi Pratama

Dengan alur distribusi pasokan melalui Terminal BBM Sibolga, Fuel Terminal (FT) Sei Siak, IT Dumai dan FT Tembilahan yang berada di Provinsi Riau, serta perbantuan dari TBBM wilayah Jambi yang telah dimulai sejak Minggu 12 Mei 2024.

"Kami juga terus memantau perkembangan situasi di wilayah rute terdampak pasca Bencana, mulai dari pasokan BBM hingga Ketersediaan yang menyokong kebutuhan pengoperasian alat berat," kata Freddy.

Halaman Selanjutnya
img_title