Baru Dilantik Pj Bupati Deliserdang, Wiriya Alrahman Diwarisi Utang Rp200 Miliar

Pj Bupati Deliserdang, Wiriya Alrahman.
Sumber :
  • Dok Pemkab Deliserdang

VIVA Medan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang pada tahun 2023, masih menyisakan utang sekitar Rp 200 miliar kepada rekanan dalam pengerjaan proyek. Menyikapi hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Deliserdang, Wiriya Alrahman mengungkapkan bahwa utang tersebut, harus dibayarkan menggunakan APBD Deliserdang tahun 2024.

Sidang Kepemilikan Senpi, Kuasa Hukum Godol Kecewa JPU Hadirkan Saksi Diluar BAP

"Utang merupakan belanja wajib, yang wajib (dibayarkan) untuk diselesaikan pada tahun anggaran berikutnya. Kalau tadi disebutkan tahun 2023, maka itu akan ditampung di 2024," sebut Wiriya kepada wartawan, Kamis 25 April 2024.

Wiriya menjelaskan pihaknya, akan melihat posisi anggaran terlebih dahulu. Sehingga ia berharap utang-utang tersebut, dapat dilunasi sesuai dengan prosedur dan aturan berlaku selama dia menjabat sebagai Pj Bupati Deliserdang.

Ratusan Massa Gruduk Kantor Gubernur Sumut, Tuntut Hak Lahan di Desa Helvetia

"Sementara APBD 2024 kan sudah ditetapkan, berarti ada mekanisme yaitu pergeseran atau perubahan anggaran," ucap Wiriya, yang juga menjabat sebagai Sekda Kota Medan.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin melantik Wiriya Alrahman sebagai Pj Bupati Deliserdang.

Photo :
  • Dok Pemkab Deliserdang
Sidang Kepemilikan Senpi, Kuasa Hukum Godol Menilai Keterangan Saksi Berubah-ubah

Wiriya mengaku sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Deliserdang sudah melakukan pergeseran anggaran, bertujuan untuk membayar utang tersebut.

"Nah nanti saya kan baru bekerja, sehingga nanti saya akan lihat dulu. Saya yakin teman-teman yang sudah di Deliserdang pun katanya sudah melakukan pergeseran itu untuk membayar utang itu," jelas Wiriya.

Halaman Selanjutnya
img_title