Rekrutmen 2,3 Juta CASN Tahun 2024, Pemprov Sumut Hitung Kemampuan Keuangan Daerah

Kantor Gubernur Sumut.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Pemerintah akan melakukan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Calon Perjanjian Kerja (PPPK), pada tahun 2024, sebanyak 2,3 juta formasi yang dibuka untuk umum. Ada pun, 2,3 juta formasi, terdiri dari 690 ribu formasi CASN, dan 1,6 juta formasi Calon PPPK.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Menyikapi rekrutmen CASN dan PPPK itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara masih melakukan penghitungan kekuatan kas daerah, untuk menampung anggaran pada rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), pada tahun 2024.

"Intinya, kita masih menghitung kemampuan keuangan (daerah), karna PPPK itu pada akhirnya itu, menjadi beban keuangan daerah, tidak ditanggung Pemerintah Pusat," jelas Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Sumut, Safruddin, saat dikonfirmasi VIVA Medan, Rabu 10 Januari 2024.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Kepala BKD Sumut, Safruddin.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan

Dengan menghitung keuangan daerah, Safruddin menjelaskan baru tahu, berapa kesanggupan dari Pemprov Sumut membuka formasi PPPK sesuai dengan kouta, yang dibutuhkan.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

"Makanya, kita kalkulasi dulu kemampuan keuangan. Kami sudah udah dapat juga kabar dari BKAD, bahwa untuk kuota masih harus kita diskusikan secara matang," jelas Safruddin.

Safruddin mengungkapkan dari APBD sesuai dengan peraturan yang ada. Untuk belanja pegawai hanya 30 persen dari total keseluruhan. Untuk itu, tidak boleh gaji pegawai ASN dan PPPK di suatu daerah, lebih dari angka tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title