Rugikan Negara Rp 2,4 Miliar, Kejati Sumut Tahan Bendahara UPT BMBK Gunungsitoli

Tersangka dugaan korupsi BMBK UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli, TT, ditahan penyidik Kejati Sumut.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumut menahan Bendahara Pengeluaran Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli, berinisial TT yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi yang kerugian negara mencapai Rp 2,4 miliar.

Kasus Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Sita Pabrik Sawit dan Bangunan Diduga Kantor NasDem Milik Erik

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut, Yos A Tarigan mengungkapkan bahwa TT ditetapkan sebagai tersangka pada kasus dugaan korupsi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Provinsi pada UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli TA 2022 dengan anggaran Rp 6,4 Miliar. Kerugian ini berdasarkan perhitungan BPKP Sumut.

"Berdasarkan laporan hasil audit penghitungan kerugian keuangan negara oleh BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara ditemukan kerugian negara sebesar Rp. 2.454.949.986.00," ucap Yos, Selasa malam, 12 Desember 2023.

Sebanyak 37.169 Peserta Ikuti UTBK-SNBT 2024 Digelar di USU

Selain TT, Yos mengatakan pihaknya, juga menetapkan Kepala UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumatera Utara, RTZ. Tapi, dalam pemeriksaan hari Selasa ini, hanya TT memenuhi panggilan penyidik Kejati Sumut. Sedangkan, RTZ mangkir dari pemeriksaan.

"Sementara TT memenuhi panggilan dan dilakukan penahanan. Sementara untuk RTZ akan dijadwalkan kembali," jelas mantan Kasi Pidsus Kejari Deliserdang itu.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Yos mengungkapkan adapun alasan dilakukan penahanan terhadap tersangka TT, karena tim penyidik telah memperolah 2 alat bukti terkait perkara dugaan korupsi pemeliharaan jalan dan jembatan.

"Kemudian, tersangka dikhawatirkan akan melarikan diri dan merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi perbuatannya," jelas Yos.

Halaman Selanjutnya
img_title