Ini Daftar Kabupaten/Kota di Sumut Raih WTP Sebanyak 5 Hingga 10 Kali Berturut-turut

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Tercatat ada 14 Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, meraih prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) mulai dari 5 kali hingga 10 kali berturut-turut.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

Atas prestasi tersebut, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memberikan penghargaan ke-14 Pemkab/Pemko tersebut, pada acara Kick Off Meeting Opini WTP Laporan Keuangan Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemko Tahun Anggaran 2023 di Hotel Adimulia, Kota Medan, Senin pagi, 14 Agustus 2023.

Gubenur Edy menginstruksikan kepada Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sumut Ismail Sinaga, untuk memberikan bonus kepada Pemkab/Pemko yang meraih WTP berturut-turut tersebut.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

"Saya sebelum lupa nanti, Ismail, walaupun tanggal 5 September nanti aku udah selesai. Tapi, saya minta sudah kau mulai apresiasi, bantuan, apa yang bisa kau berikan bantuan dari Provinsi ini, berdasarkan prestasi WTP ini," ucap mantan Pangkostrad itu.

Dari 14 Pemda tersebut, Pemkab Labuhanbatu Selatan mencatatkan 10 kali berturut opini WTP. Kemudian Pemkab Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara dan Dairi sebanyak 9 kali berturut.

Resmikan Kantor Perwakilan LPS di Medan, Pj Gubsu Berharap Layanan Keuangan Dirasakan Masyarakat

Gubernur Edy mengungkapkan opini WTP sampai saat ini masih menjadi satu-satunya pengakuan di Indonesia atas ketepatsasaran pengelolaan keuangan APBD.

"WTP ini, suatu kegiatan yang kita clear. Sesuai dengan kemampuan, pekerjaan. Sehingga bisa dilihat progresnya, kemajuan dan dievaluasi suatu wilayah. Karena Pengelolaan pemerintah dinilai dengan itu," jelas mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Halaman Selanjutnya
img_title