Soal Jalan Desa Dijual Rp1,6 Miliar ke Swasta, Ini Jawaban Pemkab Deliserdang

Aset Pemkab Jalan Persatuan I Dusun II Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang yang diduga dijual.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Deliserdang angkat bicara terkait dengan Jalan Persatuan I Dusun II, Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang kepada PT Latexindo, senilai Rp 1,6 miliar.

Tabrakan Maut Mobil Kontra Truk di Tol Medan - Tebing Tinggi, 1 Orang Tewas

"Terkait pemindahtanganan, barang milik daerah dalam bentuk penjualan berupa jalan beserta sarana pelengkapnya itu memang sudah kita laksanakan," sebut Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan Aset Pemkab Deliserdang, M Muslih Siregar saat dikonfirmasi VIVA, Selasa 13 Juni 2023.

Muslih menjelaskan menjual jalan itu, berdasarkan Pasal 329 ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.16 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah menyebutkan, bentuk pemindahtanganan barang milik daerah, meliputi penjualan, tukar menukar, hibah atau penyertaan modal pemerintah daerah.

Propernas Nusa Dua Optimis Tren Positif, Pengajuan NUP Cluster Alyxia Terus Meningkat

Selain itu juga sesuai dengan Pasal 331, 347 dan 352 Permendagri No.16 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. DPRD Kabupaten Deliserdang telah memberi persetujuan berdasarkan keputusan pimpinan DPRD Deliserdang, tentang pemindahtanganan barang milik daerah Kabupaten Deliserdang dengan bentuk penjualan kepada PT Latexindo Toba Perkasa, 2 Agustus 2022.

Warga protes Jalan Pertahanan I Dusun II Desa Muliorejo dijual.

Photo :
  • BS Putra/MEDAN VIVA
Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

"Sudah (disetujui DPRD Deli Serdang), tahapannya, dari mulai kita buat kajian teknisnya. Kita bentuk timnya, kita minta persetujuan DPRD, itu sudah kita lalui, dan penilaian maka kita tetapkan," jelas Muslih.

Muslih mengungkapkan bahwa untuk jalan dijual itu, Pemkab Deliserdang dan PT Latexindo sudah membangun dua jalan alternatif sebagai pengganti Jalan Persatuan I tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title