Keterangan Saksi Suri dan Bayu Penuhi Unsur Pidana Pembunuhan Berencana Mantan Anggota DPRD Langkat

Togar Lubis, kuasa hukum keluarga korban penembakan Paino
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Keterangan saksi Suri Hardiningtyas (kekasih terdakwa Sulhanda Yahya alias Tato) dan Bayu Ramadhan (petugas Rutan Tanjungpura), semakin menguatkan adanya unsur pidana pembunuhan berencana yang menimpa mantan anggota DPRD Langkat, Paino.

Pria di Medan Bunuh Selingkuhan Istrinya, Motifnya Isi Chat di Handphone Mengerikan

Karena itu, jaksa dan hakim yang mengadili perkara itu harus menjatuhkan hukuman yang setimpal, sesuai dengan pasal 340 KUHP.

Penasehat hukum keluarga korban, Togar Lubis menyatakan, peristiwa berdarah yang terjadi di Dusun Bukit Dinding Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, semakin terang benderang adanya pembunuhan berencana tersebut.

Usai Bunuh Mertua, Pria Asal Magelang Nekat Bunuh Diri Saat Ditangkap Polisi di Medan

"Seperti kita saksikan bersama dalam persidangan tadi yang beragendakan mendengarkan keterangan saksi atas nama Suri Hardiningtyas dan Bayu Ramadhan. Saksi Suri alias Tyas adalah pacar dari salah satu terdakwa yang bernama Tato dan saksi Bayu merupakan pemilik kendaraan atau mobil yang dirental oleh terdakwa Tosa Ginting," ujar Togar, Kamis 1 Juni 2023.

Menurut Togar, pernyataan kedua saksi semakin menguatkan dan terang benderang adanya unsur pembunuhan berencana.

Pembunuh Sadis Kakek di Medan Ditembak Polisi, Tikami Korban karena Ketahuan Mencuri

"Jika dilihat dari kacamata hukum, menurut saya, unsur pembunuhan berencana sudah terpenuhi. Walau saksi Tyas mendengar langsung dari Tato, dan bukan melihat peristiwa pidananya, itu merupakan petunjuk. Dalam hukum acara jelas bahwa petunjuk merupakan salah satu alat bukti," sebut Togar.

Begitupun, semua berpulang kepada keterangan saksi mahkota. Tapi dari persidangan itu, dia sudah melihat dari sisi kacamata hukum bahwa perkara tindak pidana pembunuhan yang direncanakan semakin terang.

Halaman Selanjutnya
img_title