Kirab Api PON XXI 2024 Bakal Lewati 18 Kabupaten/Kota di Sumut

Kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut.
Sumber :
  • Dok,Pemprov Sumut.

VIVA Medan – Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 bakal melewati setidaknya 18 Kabupaten/Kota yang ada di Sumut. Kirab dimulai dari Kabupaten Dairi yang berbatasan dengan Kabupaten Subulussalam, Provinsi Aceh, sejak Minggu 1 September 2024.

Meski Baru Eksibisi, Honor Of Kings Diharapkan Masuk Nomor Cabor Esport di PON 2028

Acara kirab ini merupakan bagian dari rangkaian PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024, di mana obor diserahterimakan antara Provinsi Aceh dengan Sumut selaku tuan rumah gelaran pesta olahraga terbesar nasional.

Kasatpol PP Sumut, Mahfullah P Daulay, menjelaskan bahwa api PON untuk pertama kali diterima di perbatasan Aceh-Sumut untuk selanjutnya diarak menuju masing-masing lokasi upacara di 18 kabupaten/kota di Sumut.

Eksibisi HOK PON 2024 : Jabar Medali Emas, Banten Perak dan Sumut Perunggu

Adapun lokasi pertama yakni Kabupaten Dairi, berlanjut ke Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kota Sibolga.

Kemudian, Padang Sidempuan, Kabupaten Paluta, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batu Bara, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Delis Serdang, dan Kota Medan.

Atlet Boling Jatim Sabet Medali Emas Nomor Tim 4 Putri di PON 2024

"Untuk prosesi kirab api PON XXI di Sumut kali ini akan bertugas sebanyak 42 orang yang terbagi dalam dua regu masing-masing 21 orang," sebut Mahfullah.

Mahfullah yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang upacara Panitia Besar (PB) PON XXI Sumut dari Satpol PP mengatakan dalam prosesinya akan ada titik penjemputan antar kabupaten/kota di kawasan perbatasan daerah. Selanjutnya juga akan digelar upacara di lapangan yang ditentukan oleh tiap daerah.

Halaman Selanjutnya
img_title