Andalkan 19 Judoka, Judo Sumut Andalkan Nomor Kata Dulang Emas PON 2024

Atlet judo Sumut, Winner Felix Panggabean.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Nomor seni (Kata) menjadi fokus Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatera Utara untuk meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Namun, nomor tarung juga diharapkan bisa menyumbangkan emas.

Dorong KONI Sumut Maksimalkan Atlet di PON 2024, Pj Gubsu: Target Jangan Sedikit

Ketua PJSI Sumut M Arief Fadhillah mengatakan, bahwa PJSI Sumut menargetkan tiga medali emas pada pertandingan cabor judo yang berlangsung di Aceh, September mendatang. "Mudah-mudahan tiga emas, tapi saya berharap lebih. Kami percaya diri tiga emas yang menjadi target dapat terpenuhi," kata Arief, dikutip dari podcast news plus COPI Sumut, Senin 1 Juli 2024.

Dua dari tiga emas tersebut ditargetkan dari nomor Kata. Andalannya Mutiara Ocean Oka Sinaga dan Redinda Syahira di kelas Ju No Kata serta Fadli Ardiansyah Manik dan Krisjon Parnongotan Simorangkir di kelas Nage No Kata. "Satu lagi kita curi dari nomor tarung," tambahnya.

Fokuskan Anggaran, Pj Gubernur Sumut : Tidak Urgent Bisa Direfokusing ke PON 2024

Ketua PJSI Sumut, M Arief Fadhillah saat podcast news plus COPI Sumut.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Terdapat 19 medali emas yang akan diperebutkan pada PON 2024, dengan delapan nomor tarung putra, delapan putri, dua nomor Kata putra dan putri, serta satu nomor beregu campuran. Untuk meningkatkan peluang menang, PJSI Sumut mengirimkan atletnya untuk try out dengan proyeksi ke Vietnam mulai 28 Juni 2024 hingga menjelang PON. Vietnam dipilih karena negara tersebut dominan dalam beberapa kejuaraan judo di ASEAN, seperti SEA Games.

Kemenpora Siapkan Satgas Percepatan Persiapan PON 2024

"Rencananya sampai tanggal 3 September di sana. Kami pilih sentralisasi mandiri. Dananya kami kelola untuk memberangkatkan atlet ke Vietnam," lanjutnya.

Arief juga mengakui bahwa saingan terberat mereka adalah DKI Jakarta, yang memiliki banyak atlet berkualitas dan program pembinaan yang baik. Meski demikian, ia tetap optimis dengan kemampuan atlet-atlet Sumut yang telah terlatih di pelatnas. PJSI Sumut telah menyiapkan 19 atlet untuk PON 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title