Gempa Magnitudo 7.3 Guncang Sumbar, BMKG Sempat Nyatakan Peringatan Dini Tsunami

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVA - Gempa magnitudo 7,3 mengguncang Sumatera Barat pada Selasa dini hari, 25 April 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempabumi ini terletak pada koordinat 0,94° LS ; 98,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 177 kilometer baratlaut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 23 kilometer.

Kota Mandiri Bekala, Hadirkan Hunian Mewah Harga Merakyat

Daerah yang berpotensi terdampak tsunami dengan status waspada juga ada di daerah Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara. Hingga kini, belum ada laporan resmi dari otoritas terkait perihal dampak kerusakan maupun korban jiwa yang timbul akibat persitiwa ini.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Mentawai, Sumatera Barat, Akmal menyebut saat ini warga di Mentawai masih berada di daerah ketinggian. Saat gempa terjadi, warga sempat panik. Namun, warga Mentawai segera melakukan evakuasi mandiri sebagai bentuk antisipasi.

KPU Sumut Perpanjang Jadwal Rekapitulasi Tingkat Provinsi, Ini Penyebabnya

"Warga Mentawai sudah terlatih untuk evakuasi mandiri apabila terjadi gempa yang dirasa cukup kuat. Sekarang masih berada di lokasi-lokasi ketinggian," kata Akmal, Selasa 25 April 2023.

Hingga kini, kata Akmal, belum ada laporan yang masuk terkait dampak kerusakan ataupun korban jiwa. Seluruh stakeholder kini masih memantau kondisi terbaru pasca kejadian gempabumi ini.

Pertamina Patra Niaga Sambut HUT ke-27, Gelar Berbagi Kebahagiaan Bersama Ratusan Anak Yatim Piatu

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) resmi menyatakan bahwa peringatan dini tsunami telah berakhir pascagempa magnitudo 7,3 yang mengguncang wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Barat pada Selasa dini hari, 25 April 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title