Gelar PKKMB Diikut 5.023 Mahasiswa Baru, Rektor Agussani: Akreditasi UMSU Unggul

UMSU menggelar PKKMB Tahun akademik 2024/2025.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024/2025, diikuti 5.023 mahasiswa baru. Kegiatan PKKMB dan Masta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMSU ini, berlangsung 23 hingga 27 September 2024 dan digelar di halaman parkir Kampus UMSU, di Jalan Muchtar Basri, Kota Medan.

Dihadapan Ratusan Mahasiswa Baru ISTP Medan, Edy Rahmayadi Pengalaman Jadi Pemimpin

Pada pembukaan PKKMB ini, dihadiri langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Irwan Akib, Rektor UMSU, Prof. Agussani, jajaran rektorat UMSU dan pimpinan fakultas, perwakilan Pemprov Sumut dan Polda Sumut. "Atas nama rektor, saya ucapkan selamat datang kepada kalian di Kampus UMSU dengan jargon unggul, cerdas dan terpercaya," ucap Rektor UMSU, Prof. Agussani, Senin 23 September 2024.

Agussani mengungkapkan kepercayaan ini, bukan berlebihan, karena UMSU mengelola Kampus ini sesuai dengan zamannya. Yang sama-sama diketahui sekarang zaman milenial, perkembangan teknologi dan pendidikan sangat ketat. "Acara ini, dikemas bagaimana UMSU mengikuti perkembangan teknologi. Semua acara ini, dikelola oleh para mahasiswa dan para alumni, yang tergabung dalam UMSU," jelas Agussani.

Seminar Wawasan Kebangsaan di Kampus IBBI, Edy Rahmayadi Paparkan Materi Great Leader

Agussani mengungkapkan bahwa pihak UMSU, memiliki kualitas pendidikan secara nasional dan internasional. Kemudian, secara universitas UMSU meraih akreditasi Unggul. "Akreditasi UMSU unggul ini, bukan didapatkan begitu saja. Tapi, memiliki perjuangan," tutur Agussani.

Agussani menjelaskan bahwa UMSU memiliki 32 program studi (Prodi) S1 dan S2 berjumlah 15 Prodi, S3 sebanyak 3 Prodi. "Dari 32 Prodi, 50 persen diantaranya akreditasi unggul dan total mahasiswa kita, 21.902 mahasiswa," katanya.

Ini Langkah Dilakukan Hidayatullah-Yasir Ridho Membangun Kota Medan 5 Tahun Kedepan

Agussani mengatakan tahun 2024/2025, sebanyak 40 mahasiswa baru asing, berasal Thailand, Malaysia, Kamboja, Yaman, Singapura dan sejumlah negara lainnya. "Tahun ini, yang sudah mendaftar 40 mahasiswa baru asing. Kita tidak berbicara nasional, tapi berbicara jendela dunia. Anak-anak kita bisa KKN di Malaysia, Singapura, Thailand dan negara lainnya," ucap Agussani.

Ketua PP Muhammadiyah, Prof Irwan Akib mengungkapkan dibawah kepemimpinan Prof Agussani, UMSU terjadi perubahan dan perkembangan sangat pesat dalam pengembangan dalam pendidikan perguruan tinggi ini. "Ini Medan bung, mahasiswa UMSU harus memiliki semangat kuat, untuk meraih kesuksesan," pesan Irwan kepada mahasiswa baru UMSU tersebut.