Puncak HKSN ke-65 di Sumut, Para Disabilitas Unjuk Kebolehan

Gerak jalan sehat acara puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Provinsi Sumut di pelataran Cafe Difabel di Jalan Karya Kasih, Kota Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Acara puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-65 di Provinsi Sumatera Utara berlangsung meriah. Terutama saat para disabilitas unjuk kebolehan di acara yang berlangsung di Cafe Pelataran Difabel, Jalan Karya Kasih Nomor 26 B, Pangkalan Mansyur Medan, Jumat 22 Desember 2023.

Dedi Iskandar Kagum Lihat Produk-produk Hasil Binaan di Rutan Kelas I Medan

Seperti Yoga, meski tidak mempunyai tangan dan kaki, namun mampu melukis dengan baik. Dengan menggunakan mulut, Yoga pun lihai memainkan kuas cat di atas kain kanvas. Begitu juga dengan anak-anak lainnya, yang tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dengan iringan musik, mampu menampilkan tarian daerah Simalungun dan tarian lainnya di hadapan para undangan.

Para hadirin pun terkesima, kagum dan tidak ada yang mengira, kalau mereka mempunyai kekurangan. Sebab gerakan tarian yang mereka suguhkan sangat kompak dan seirama dengan musik.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumut, Basarin Yunus Tanjung menyampaikan kekagumannya, dan merasa terhibur, serta bangga dengan potensi yang dimiliki para penyandang disabilitas. Menurutnya, potensi tersebut harus terus dibina dan dikembangkan agar karya yang mereka hasilkan bisa 'dirasakan' oleh masyarakat.

"Acara seperti ini sebagai salah satu upaya dalam mengurangi kesenjangan sosial yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini, sesuai dengan semangat perjuangan di awal terbentuknya Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) yang jatuh pada 20 Desember," ujarnya

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

Yunus mengatakan peringatan HKSN di Sumut diselenggarakan secara sederhana. Kegiatan HKSN tahun 2023, katanya, mengedepankan upaya pelayanan sosial melalui berbagai kegiatan sosial yang tujuannya untuk memantik simpati dan empati masyarakat agar berbuat lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sumut Sri Suriani Purnamawati menambahkan, ada sejumlah rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan seperti senam bersama Lansia, mengunjungi para Lansia, berbagi cinderamata untuk Lansia, serta berbagi voucher belanja kepada anak yatim piatu ke pusat perbelanjaan modern.

Halaman Selanjutnya
img_title