Pentingnya Suci dari Hadas Besar, Usbat Ganjar Edukasi Masyarakat Mandi Janabah

Usbat Ganjar Sumut edukasi masyarakat mandi janabah.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Masyarakat Jalan Kawat II, Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) sambut baik pelatihan mandi janabah yang diadakan sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar, Rabu 14 Juni 2023. Mandi janabah adalah mandi wajib untuk mensucikan diri dari hadas besar.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Koordinator Daerah Usbat Ganjar Kota Medan Ustaz M Nizar Nur menyampaikan, mandi janabah sendiri ialah istilah yang merujuk pada keadaan tidak suci setelah melakukan hal-hal tertentu, di antaranya hubungan suami istri, haid, melahirkan, keluarnya air mani baik disengaja maupun tidak.

"Kami mengadakan pelatihan mandi janabah. Setelah pelatihan ini diadakan, alhamdulillah masyarakat tercerah," kata Nizar.

3 Pelaku Cabul dan Setubuhi Anak Dilepas, Ini Alasan Polres Binjai

Nizar mengemukakan mandi janabah dilakukan dengan cara niat, menyiram seluruh tubuh dengan air yang suci, membasuh rambut, dan memastikan bahwa seluruh tubuh telah terkena air dengan sempurna. Setelah melakukan mandi janabah, maka ibadah pun menjadi sah.

"Dalam mengangkat hadas besar harus ada niat, membasuh dengan air dari ujung kaki ke kepala. Jangan sampai di antara badan itu tidak dikenai air. Itu mandi janabah," tegasnya.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Nizar menyatakan pihaknya berencana untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di berbagai wilayah untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki pengetahuan yang memadai dalam menjalankan ibadah. Dengan demikian, mereka berharap dapat membantu umat muslim dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka.

"Alhamdulilah antusias masyarakat didalam pelatihan mandi janabah ini sungguh amat luar biasa. Kami akan terus melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini untuk pencerahan umat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title