Berikan Fasilitas Terbaik ke Penumpang, KAI Bandara Sediakan Water Station di Stasiun Medan

KAI Bandara sediakan water station di Stasiun Medan.
Sumber :
  • Dok Railink

VIVA Medan - PT Railink mendukung gerakan pengurangan sampah plastik, dengan menyediakan fasilitas Water Dispenser di area stasiun operasional KAI Bandara Medan.

Jelang Berakhirnya Masa Angkutan Nataru, KAI Sumut Catat 8.400 Tiket KA Masih Tersedia

"Fasilitas ini dirancang untuk memudahkan penumpang mengisi ulang tumbler,  sekaligus mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai di lingkungan stasiun," sebut Communications KAI Bandara, Sosiawan Surbakti, Senin 30 Desember 2024.

Sebagai bagian dari komitmen KAI Bandara untuk lebih ramah lingkungan, keberadaan Water Dispenser ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang ingin mengisi ulang botol atau tumbler mereka selama berada di stasiun kereta api bandara.

Sepanjang 2024, KAI Bandara di Medan Angkut 3 Juta Penumpang

Lanjut, Sosiawan mengatakan bahwa fasilitas ini, tersedia di beberapa titik seperti Stasiun Medan, Stasiun Kualanamu di area tunggu penumpang dan di pintu masuk terminal.

“Kami sangat mendukung gerakan untuk mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan transportasi umum seperti stasiun kereta api bandara. Dengan menyediakan Water Station, kami berharap penumpang dapat lebih mudah mengisi ulang tumbler mereka, sehingga dapat mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai,” jelas Sosiawan.

26 Stasiun KA di Sumut Kini Tersedia Fasilitas Pengering Payung Bagi Penumpang

Selain itu, KAI Bandara juga terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang lebih baik. KAI Bandara berharap fasilitas Water Station ini dapat menjadi contoh bagi penyedia layanan transportasi lainnya dalam upaya mendukung program keberlanjutan dan ramah lingkungan.

Dengan penyediaan fasilitas ini, diharapkan para penumpang akan semakin terdorong untuk beralih menggunakan tumbler pribadi, yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi limbah plastik di area stasiun. 

"KAI Bandara juga mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam membawa dan menggunakan peralatan yang dapat digunakan berulang kali," tutur Sosiawan.

Sosiawan mewakili KAI Bandara menghimbau kepada penumpang untuk dapat melakukan pemesanan tiket, dengan segera untuk memastikan ketersediaan tempat.

"Kita juga mengingatkan, kepada penumpang agar memilih KA dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan pesawat, yakni 2 jam sebelum keberangkatan domestik atau 3 jam sebelum keberangkatan internasional," kata Sosiawan.