Bandara AH Nasution di Madina Siap Beroperasi, Pj Gubernur Sumut: Semuanya Lengkap

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni meninjau Bandara AH Nasution di Kabupaten Madina.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, segera berkoordinasi ke Pemerintah Pusat guna mendorong operasional Bandar Udara (Bandara) Abdul Haris (AH) Nasution, di Kabupaten Mandailingnatal, Sumut. Bandara AH Nasution ini pun dipastikan siap beroperasi.

Pilkada Serentak 2024, KPU Rekrut 176.561 Petugas KPPS di Sumut

Hal itu, diungkap Pejabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni saat meninjau kesiapan Bandara AH Nasution, Kamis malam, 29 Agustus 2024. Ia mengatakan setelah melakukan peninjauan, bahwa bandara ini diklaim sudah siap beroperasi.

"Kita baru lihat sarana prasarananya, kelengkapan dan lainnya. Secara umum Bandara ini sudah siap beroperasi, semuanya lengkap yang belum ada pesawatnya," ucap Fatoni, dalam keterangannya, Jumat 30 Agustus 2024.

Meski Baru Eksibisi, Honor Of Kings Diharapkan Masuk Nomor Cabor Esport di PON 2028

Menurutnya, dengan berbagai kesiapan tersebut dirinya berupaya mendorong bandara seluas 172 Ha untuk segera beroperasi atau diresmikan terlebih dahulu. "Kita akan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan yang paling utama," ucap Fatoni.

Peninjauan pembangunan Bandara AH Nasution.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut
Eksibisi HOK PON 2024 : Jabar Medali Emas, Banten Perak dan Sumut Perunggu

Selain itu, Fatoni juga mengupayakan untuk menghubungi langsung pihak perusahaan penerbangan (maskapai) agar membuka rute dari, dan ke Bandara AH Nasution. Mengingat jarak daerah ini ke Kota Medan menempuh waktu 12 jam perjalanan darat bahkan lebih dekat ke Kota Padang, Sumatera Barat.

"Oleh karena itu, apabila ini beroperasi akan sangat membantu, lebih efektif, efisien, kemudian mobilitas lebih tinggi lagi, ekonomi juga bisa berkembang. Ada beberapa daerah yang sangat diuntungkan dengan adanya bandara ini," ungkap Fatoni.

Halaman Selanjutnya
img_title