Orang Utan Fest 2024: Meningkatkan Kepedulian Gen Z soal Konservasi

Orang Utan Fest 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan – Generasi Z dinilai memiliki peran penting dan menjadi garda terdepan dalam upaya konservasi termasuk perlindungan orang utan yang merupakan satwa kunci di Pulau Sumatera.

Harris Horatius, Atlet Wushu Sumut Sukses Raih Medali Emas di PON 2024

Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) pun menggelar acara Orang Utan Fest 2024 bertema "Love from Tapanuli" di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut, pada 23-25 Agustus 2024.

Kegiatan dengan konsep camp conservation itu diikuti lebih dari 100 orang generasi Z yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap orang utan dan pemahaman tentang konservasi. Orang Utan Fest digelar sekaligus untuk memperingati Hari Orang Utan Internasional yang jatuh pada 19 Agustus setiap tahunnya.

Abdul Hafiz Sumbang Emas untuk Sumut dari Lempar Lembing PON 2024

Direktur YOSL-OIC, Syafrizaldi, mengatakan kegiatan ini sengaja menyasar generasi Z sebagai agen konservasi yang baru.

“Pemahaman yang mereka dapat akan tertanam di alam bawah sadar. Ketika kelak mereka menempati pos-pos penting seperti kelak menjadi kepala dinas, bekerja di perusahaan, menjadi penulis, dan lainnya. Pemahaman tentang konservasi itu sudah ada,pesan itu akan dibawa sampai mereka tua,” katanya, Minggu 25 Agustus 2024.

Suporter Jawa Timur Rela Tempuh Perjalanan 4 Hari Demi Dukung Atlet di PON 2024

YOSL-OIC optimis kaum muda bisa membuat gebrakan baru dalam upaya konservasi. Pasalnya, pemahaman akan pentingnya konservasi menjadi investasi jangka panjang.

“Sebenarnya kaum muda ini paham betul bahwa bumi ini cuma satu. Tempat tinggal kita cuma satu. Saya masih optimis, saat ini anak-anak muda memikirkan masa depan mereka. Walaupun cara berpikirnya berbeda dengan generasi sebelumnya,” ujar Syafrizaldi.

Halaman Selanjutnya
img_title